Pengertian asuransi untuk pemula.

Ketika kita bekerja banting tulang untuk membangun keadaan keuangan keluarga yang kokoh tentu kita ingin memastikan segalanya berjalan dengan lancar. Berbagai resiko(musibah atau kecelakaan) yang terjadi, dapat diantisipasi atau dapat dikompensasi dengan adanya asuransi, jika tidak kemalangan/kerugian secara finansial sudah dipastikan tak dapat dihindarkan, dan ini dapat menghancurkan segala yang dicita-citakan tanpa ampun.
Kita jelas membutuhkan asuransi untuk melindungi diri kita atau sumber penghasilan kita atau harta kekayaan kita atau untuk keluarga tercinta kita, melindungi kemampuan dalam mencari pendapatan misalkan jika terjadi kepala keluarga sebagai sumber penghasilan keluarga tak mampu lagi mencari nafkah, demi menjaga keutuhan rumah tangga dari mulai jaminan perlindungan atas ketidakmampuan pencari nafkah untuk mencari nafkah lagi untuk keluarga tercinta, perlindungan untuk kepastian ongkos pendidikan dimana anak-anak tercinta dapat mewujudkan cita-cita yang diharapkan, perlindungan atau berbagai pengeluaran kebutuhan keluarga tidak akan terganggu bilamana sumber penghasilan utama tak dapat lagi mencari nafkah, perlindungan atas berbagai kondisi kesehatan yang menuntuk untuk pengeluaran yang besar yang dapat dipenuhi untuk mendapatkan kesehatan sediakala.

Setelah itu pertanyaan selanjutnya;

asuransi tipe apa yang paling cocok untuk saya?

Jelas yang harus kita lakukan adalah menentukan perlindungan apa saya yang kita kehendaki dan berapa besar kemampuan kita menyisihkan pendapatan untuk pembayaran asuransi. Jangan terlalu serakan :-) sesuaikan dengan kemampuan perhatikan manfaat utama dan apakah juga ada program manfaat tambahannya. Perhatikan berbagai syarat dan ketentuan yang ada dalam produk asuransi yang ditawarkan. Jangan terlalu terbuai dengan ‘ilustrasi’ dari program aplikasi simulasi dari agen asuransi.

.

Tipe asuransi yang mungkin kita tidak butuhkan.

pengertian asuransiSeperti yang ditulis diatas, jangan terlalu serakan :-) jangan terlalu mudah ditakut-takuti orang(agen asuransi) kadang kita akan ditakut-takuti dengan berbagai penyakit, favoritnya kita akan ditakuti dengan penyakit kanker misalnya, maka kita akan cenderung mengambil beberapa asuransi agar diharapkan mampu mengcover berbagai aspek yang mungkin terjadi, padahal sebetul akan tumpang tindih dan tidak efisien karena akan menuntuk pengeluaran untuk asuransi akan lebih besar, misalkan ada juga asuransi perjalana atau asuransi penerbangan padahal secara umum misalkan ketika kita membayar ongkos tiket sebetulnya sudahlah mencakup pula asuransi didalamnya, dan ini tentu disadari atau tidak adalah pengeluaran atas kejadian yang belum tentu terjadi meski tidak menutup kemungkinan akan terjadi, who knows. Jangan termakan oleh data statistik, keep in control/tetaplah dalam kendal, jangan sampai kita berada dibawah kendali agen asuransi yang berburu komisi ;-P
.

Sesuaikan asuransi dengan yang kita butuhkan.

Setelah menyesuaikan pengeluaran asuran dengan pendapatan yang ada, sekali lagi, sesuaikan jenis perlindungan dari asurasi yang diharapkan atas apa yang kita miliki seperti sumber pendapatan, investasi, pendidikan anak, jaminan hari tua dan lainnya. Realistis saja, jangan mengharapkan kelak kita akan mendapatkan sekian miliar rupiah, realistis misalkan sebelum kita mati dan ahliwaris mendapatkan miliaran untuk melanjutkan kehidupan, apa yang terjadi apabila kita sakit dan membutuhkan perawatan yang tidak sedikit, pertimbangkan untuk menitik beratkan pula pada ‘manfaat tambahan’, jangan terlalu jauh berfikir sampai-sampai melupakan yang dekat yang sangat mungkin terjadi ;-) it happen to me.
.

Dapatkan manfaat yang sangat besar atas asuransi rumah.

Bayangkan rumah pantai anda tiba-tiba diserang segerombolan helikopter teroris yang meluncurkan roket-roketnya dan menghancurleburkan rumah indah nan megah anda, hmm sepertinya ini scene awal di film ironman3 ya? Oke yang lebih realistis deh, Belum lama diberitakan telah terjadi kemalang atas rumah seorang keluarga artis dimana seluruh harta benda seisi rumah habis terbakar dalam waktu semalam, tetap bersyukur tak ada korban jiwa, tetapi mungkin akan lebih bersukur lagi seandainya rumahnya sudah mendapatkan perlindungan asuransi. Setelah melengkapi berkas yang diperlukan dengan mudah klain bisa didapatkan, dan renovasi pun pasti tak akan memakan waktu dan pasti pula tak akan sepeserpun memakan biaya sebab rumah telah mendapatkan jaminan perlindungan atas asuransi rumah yang kita miliki. Patut disadari ongkos renovasi apalagi membangun kembali rumah yang luluh lantak akibah bencana kebakaran misalnya tentu tidak lah sedikit nilai rupiah yang harus dikeluarkan, kalau tidak dari jaminan perlindungan asuransi sudah barang tentu kita akan mengandalkan pendapat utama kita untuk pengeluaran ini, apakah kita siap padahal pengeluaran yang ada biasanya sudah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari, bayar cicilan utang, rencana asuransi pendidikan anak
.

Dapatkan pula manfaat atas perlindungan dari asuransi kendaraan.

Sama seperti tulisan diatas ketika terjadi kecelakan lalulintas atas kendaraan kita, dengan pendapatan yang ada yang sudah sangat ketat teralokasikan untuk pengeluaran-pengeluaran tertentu, biaya perbaikan kendaraan bisa jadi merupakan ongkos yang sangat mahal karena tidak adanya anggaran untuk itu. Tentu pabila kita sudah memiliki perlindungan asuransi atas kedaraan kita, hidup jauh lebih indah, tentu sesudah cairnya pengajuan claim kita atas kecelakaan yang menuntut perbaikan kendaraan kita.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar