Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulik Perihal Asuransi Jiwa

Perlindungan Terhadap Keluarga
Keluarga manapun tentunya menginginkan kehidupan yang sejahtera dan bahagia. Sayangnya, terkadang manusia tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi ke depannya, seperti memperkirakan umur yang sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Ada banyak keluarga di luar sana yang kehilangan anggota keluarganya namun tanpa persiapan financial yang baik dan cukup, sehingga anggota keluarga yang ditinggalkan mengalami masa-masa sulit termasuk secara financial. Padahal, sesungguhnya ada cara yang dapat dilakukan. Ya, dengan asuransi jiwa, seseorang akan mendapatkan biaya maupun santunan dana ketika mengalami sakit, kecelakaan, maupun meninggal dunia. Asuransi jiwa ini memungkinkan para anggota keluarga yang lain mendapatkan sejumlah dana untuk biaya perawatan hingga biaya lainnya, sehingga tidak mengalami kesulitan pembiayaan dalam jumlah yang cukup besar.

Memilih Asuransi Jiwa
Memiliki asuransi ibarat memiliki perlindungan jiwa yang berlaku dalam jangka waktu tertentu. Keberadaannya merupakan investasi yang dapat memberikan ketenangan dan terus melangkah meraih tujuan yang diinginkan. Biasanya, berbeda tempat asuransi, berbeda pula cara pembayaran preminya. Begitu pula dengan cara pengambilan klaim asuransi. Saat terjadi sesuatu, biasanya seseorang tidak dapat melakukan apapun sebelum menerima persetujuan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Berbagai dokumen seperti nama pemilik polis, nomor polis asuransi, tanggal kejadian, kerugian benda, hingga uraian mengenai kronologi kejadian akan sangat dibutuhkan dan diminta oleh perusahaan asuransi.

Sebuah perusahaan asuransi yang bagus dan terpercaya akan memiliki peraturan klaim prosedur yang sangat mendetail dan berbeda antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Misalnya, setiap penyakit kritis akan diberikan prosedur klaim yang berbeda dengan santunan meninggal dunia. Penyakit kritis yang diderita pun dijadikan indicator bagi perusahaan asuransi untuk mengeluarkan dana sejumlah klaim dengan waktu yang telah diberikan. Pembayaran pun dapat dilakukan baik melalui kartu debet dan kartu kredit. Tak hanya itu, surat kuasa pun dapat diberikan jika memang betul-betul dibutuhkan saat akan melakukan pembayaran premi asuransi oleh anggota keluarga terkait.

Apabila para keluarga tidak yakin dan kurang percaya dengan banyaknya perusahaan asuransi dengan sistem asuransi biasa, ada baiknya jika para keluarga mencoba untuk menggunakan asuransi jiwa berbasis sistem syariah. Asuransi dengan sistem syariah ini memang belum sepopuler asuransi lainnya, namun dapat dipastikan ia akan terus berkembang dan bertahan. Pasalnya, sistem asuransi ini menekankan pada keadilan pembagian hasil sesuai syariat Islam dengan seadil-adilnya. Tak hanya itu, berbagai detil dan informasi asuransi pun dibuka secara transparan sehingga kedua belah pihak dapat mengetahui kondisi satu sama lain. Berbagai fasilitas yang menarik pun kerap diberikan kepada pemegang polis asuransi sebagai bentuk apresiasi kepercayaan yang diberikan pada perusahaan asuransi syariah tempatnya bernaung. Demikian, semoga bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari asuransi berbasis syariah.