Asuransi murah tapi tidak murahan. ayo ikutan siapa tau beruntung :-D

Jika kita menginginkan sebuah produk asuransi,tidak selalu reebet seperti yang dibayangkan urusan berkas lain sebagainya. Kita, masyarakat hari ini dengan berbagai kesibukannya(atau kemalasannya?) kadang tidak memiliki cukup waktu dan menginginkan hal apapun yang instant, apa salah dengan ini? tentu tidak justru ini menjadi ladang uang untuk orang-orang yang berfikir :-), termasuk dalam hal asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, kalau ada yang instant kenapa tidak? iya kan? Tentu tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kelebihannya, tetapi pasti dalam hal ini terfokus pada keinginan asuransi yang instant, asuransi murah.

Asli! murah, ada yang sekitar[bahkan ada yang kurang dari ini] Rp.50.000(lima puluh ribu rupiah)/tahun, bayangkan kita sudah terprotensi hanya dengan keluar uang seharga sebungkus rokok :-) iya itu juga kalau harga rokok jadi naik persis seperti yang diramai diwacanakan beberapa hari ini sebelumnya.

Jadi bagaimana? masih tetep keukeuh ngerokok? kalau sebungkus rokok apa bisa memberikan warisan ke orang tersayang sampai sekitar Rp.100.000.000,-(seratus juta rupiah)? atau terjadi kecelakaan ada biaya rawat inap sampai sekitaran Rp.1.000.000,-(satu juta rupiah) jawab dong, jangan diam saja :-) sorry, BTW, silahkan berfikir dengan tenang dan damai, semoga dapet petunjukNYA, amin.

Halalkah..

Nah, disini saya tak akan memvonis, sebab urusan memvonis suatu produk asuransi instant/asuransi murah halal atau tidak yang berhak adalah orang yang faham ilmu yang dibutuhkan, atau.. bisa saja sih, orang yang gak faham ilmu yang siap nanggung dosa orang awam yang ikut apa yang diucapkannya/ difatwakannya ;-) nah..nah yang ini aku gak ikutan deh.

Itu dia kenapa judul diatas ada kata-kata '..ayo ikutan siapa tau beruntung', soalnya saya secara pribadi jadi semacan 'dejavu', kenapa kalau saya sendiri hendak membelinya serasa saya sedang beli lotre/undian berhadiah :-) simple kan? begini maksudnya; kalau kita celaka berarti kita beruntung dapat pengantian uang lebih besar dari yang kita bayarkan, lantas kalau kita selamat premi sebesar Rp.50.000,- bearti hangus biar saja itung-itung kalah taruhan :-( apa mungkin saya mikirnya terlalu sensitif dan perasa ya? entahlah.. jelas ini tergantung pemahaman ilmu masing-masing yang menguatkan keyakinan.

Tapi beberapa waktu[tahun] sebelumnya seorang teman yang menjadi agen asuransi keluarga takaful 'yang pertama yang murni syariah' katanya juga ada produk semacam ini, hanya dengan membeli premi asuransi jiwa/ asuransi kecelakaan seharga Rp.50.000,-(lima puluh ribu rupiah)/tahun saja kita sudah dapat perlindungan/pertanggungan atas rawat inap dan santunan pabila hal yang amit-amit terjadi. So, kalau kita lebih prefer[condong] ke asuransi syariah, Silahkan kontak agen asuransi takaful dan tayakan produk asuransi instant semacam ini.

Sampai tulisan ini dipublish saya coba cek di website resmi takaful sendiri tak menemukannya :-( mungkin apa karena bukan produk unggulan kali ya. entahlah tapi menurut pendapat saya pribadi sesuatu yang instant di Indonesia ini pasti banyak sekali peminatnya apalagi di segment asuransi syariah, apa salahnya ya kalau 'keep it up'. bisa dikatakan masih sedikit bilamana dibandingkan dengan produk asuransi murah jenis umum/konfensional/non-syariah.

Beberapa produk asuransi murah, instant 'gak pake ribet' yang cukup dikenal.


1. Asuransi mikro KKM[kecelakaan, kesehatan, meninggal dunia].

Merupakan program asuransi dari BRI[bank plat merah]/BRIngin Life yang memberikan perlindungan asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan dan meninggal dunia[asuransi jiwa].

Manfaat KKM
  • Santunan Harian Rawat Inap Rumah Sakit (@ Rp.100.000,-/hari, maksimal 90 hari)
  • Penggantian Biaya Operasi (maksimal Rp.2.500.000,- untuk semua tindakan operasi)
  • Santunan Meninggal Dunia Karena Kecelakaan (maksimal Rp. 19.500.000,-)
  • Santunan Meninggal Dunia Karena Sakit (maksimal Rp.2.500.000,-)
  • Santunan Cacat Tetap Akibat Kecelakaan (maksimal Rp.5.000.000,-)

Keunggulan
  • Lengkap: menjamin perlindungan asuransi kecelakaan , kesehatan dan jiwa.
  • Sederhana: produk yang sederhana sehingga mudah dipahami.
  • Mudah: tersedia di semua unit BRI sehingga mudah diperolah.
  • Ekonomis: premi yang sangat terjangkau dengan manfaat yang optimal.
  • Segera: proses pembayaran klaim yang cepat.

Ketentuan
  • Minimum usia peserta adalah 18 tahun dan maksimum 59 tahun.
  • Premi dibayarkan sekaligus / tunggal oleh Tertanggung.
  • Masa asuransi adalah 1 tahun.
produk Asuransi ini diluncurkan tahun 2014[bringinlife.co.id].

murahnya: hanya mengeluarkan Rp.50.000,- untuk peserta, dan pilihan untuk memasukan pasangan[suami/istri] dengan tambahan Rp.90.000,-

instantnya: pertama di syarat kepesertaan; buktikepersertaan[formulir], ktp, bukti tranfer. kedua; di syarat klaim, [1]Asli Formulis Klaim. [2]Asli / Fotocopy Bukti Kepesertaan. [3]Fotocopy Buku Tabungan Simpedes BANK BRI. [4]Dokumen yang sesuai jenis.

2. Bringin Ajaib

Yang kedua ini masih tetap pruduk asuransi jiwa, kecelakaan dan tetap ada penggantian rawat inap masih dari BRIngin life, produk asuransi "Praktis, Cepat dan Terjangkau" dengan mengusung jargon "perlindungan pasti dalam seketika".
silahkan perhatikan di tabel BRIngin ajaib dibawah, paling besar premi yang harus dikeluarkan hanya sebesar Rp.50.000,-[lima puluh ribu rupiah].

Manfaat BRIngin Ajaib;
  • Santunan meninggal dunia bukan karena kecelakaan (Natural Death)
  • Santunan meninggal dunia karena kecelakaan (Personal Accident A)
  • Santunan penggantian biaya perawatan/pengobatan di Rumah Sakit karena kecelakaan (Personal Accident D).
berikut tabel produk BRIngin Ajaib;
keteranganND:Natural Death[meninggal akibat alami] PA:Personal Accident[meninggal akibat kecelakaan]

3. Hario Siaga.

Tepat sekali kelihatan dari nama produk asuransi ini, hario, persis seperti nama pemiliknya ngkoh Hary Tanoesoedibjo. dia adalah pemilik MNClife, jadi lebih mudah lah mengingatnya :-).

Hario Siaga adalah jajaran produk asuransi pribadi dari produk-produk asuransi MNClife, produk asuransi kecelakaan yang termasuk produk 'asuransi murah' dimana hanya dengan mengeluarkan premi sebesar Rp.55.000,-[lima puluh lima ribu rupiah] saja, Anda sudah mendapatkan 'kepastian' perlindungan akibat resiko kecelakaan berupa penggantian biaya perawatan rumah sakit Rp.3.000.000,-[tiga juta rupiah] dan santunan duka[meninggal akibat kecelakaan] sebesar Rp.30.000.000,-[tiga puluh juta rupiah].

instant, dengan slogan 'hanya dengan kartu identitas, dijamin diterima'. Adapun keunggulan yang dijanjikan adalah:
  • Tanpa pemeriksaan medis atau prosedur yang berbelit (guaranteed acceptance)
  • Beragam nilai uang pertanggungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Usia masuk 6 bulan hingga 74 tahun
  • Masa asuransi 1 tahun
Yang menarik menjadi catatan juga: kecelakaan yang dimaksud tidak terbatas pada kecelakaan di jalan raya, namun termasuk keracunan, jatuh dari tangga, penganiayaan dan pembunuhan oleh fihak lain, kapal karam, pendarata darurat pesawat terbang, dll.
Adapun rentang usia kepemilikan asuransi ini mulai dari usia 6 bulan, sampai dengan 74 tahun.

4. Asuransi Jagadiri[asuransi tanpa beban].

Dari perusahaan asuransi ini[Asuransi Jagadiri] bagian dari PT. Central Asia Finance, dari perusahaan asuransi ini terdapat beberapa produknya masuk kriteria produk asuransi murah tapi tidak murahan, beberapa diantaranya;

a. Asuransi Jaga Sehat plus[asuransi kesehatan], dengan keunggulan yang dikedepankan diantaranya;
+ Mulai dari 60 ribuan per bulan[Syarat dan kondisi berlaku]
+ Jaminan uang kembali
+ Layanan darurat 24 jam
+ Gratis nonton di Blitzmegaplex[WTF! kasih nonton segala :-) kitorang bukanya cukup download aja hehehe..]

nah, ini mungkin lebih besar dibandingkan beberapa produk 'asuransi murah' yang sudah terlebih dahulu diatas.. tunggu dulu berikutnya lebih murah lagi deh :-D

b. Asuransi jaga sehat DBD[asuransi kesehatan],
dengan keunggulan yang dijanjikan;
+ Harga super irit, mulai dari Rp 10,000!
+ Mudah dan langsung aktif
+ Kadar trombosit kurang dari 130,000 sudah di-cover

Manfaat dari jaga sehat DBD;
  • Santunan biaya rumah sakit hingga Rp 5,000,000 apabila terkena Demam Berdarah Dengue.
  • Santunan kematian hingga Rp 10,000,000 jika Tertanggung meninggal dunia akibat Demam Berdarah Dengue.

Catatan akhir.

Tidak satupun dari produk asuransi murah yang dituliskan diatas terdapat 'pengembalian premi' alias hangus, kecuali terdapat perubahan dari kebijakan perusahaan asuransi masing-masing[dan ini tidak mungkin :-D]. juga hampir smua produk asuransi murah yang dituliskan diatas rata-rata mereka tidak mensyaratkan berkas pemeriksaan kesehatan demi asuransi, yang biasanya merupakan syarat mutlak asuransi, baik itu asuransi jiwa, asuransi pendidikan atau asuransi kesehatan. 

Menarik bukan? tentu semenariknya informasi yang dituliskan disini, alangkah lebih bijak seandainya Anda menghubungi agen dari produk asuransi yang mana Anda berminat untuk memiliki perlindungan yang diharapkan atas potensi resiko yang mungkin terjadi dikemudian hari.

Selamat memilih :-) sesuai dengan kebutuhan anda, jangan serakah :-D jangan memaksakan diri, banyak-banyak beristigfar dan bersyukur, inshaAlloh, hati dilapangkan rizkipun dimudahkan, amin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar