Asuransi Kesehatan Untuk Hewan

Asuransi Kesehatan Bagi Hewan Perlukah?
Asuransi kesehatan memang sangat penting bagi makhluk hidup. Tak terkecuali pada hewan. Hewan juga dapat dikatakan makhluk hidup. Oleh karena itu hewan juga sangat membutuhkan asuransi. Bahkan di negara lain sudah banyak yang memberlakukan asuransi yang diberikan pada hewan. Apalagi pada negara besar seperti Inggris dan Amerika yang memiliki sebagian besar warga negaranya memiliki hewan peliharaan. Asuransi untuk hewan ini tentu saja akan sangat membantu pemerintah untuk tetap menjaga hewan-hewan tersebut. Karena hewan merupakan binatang yang harus dilindungi. Oleh sebab itu pemerintah negara tersebut membuat peraturan adanya asuransi untuk hewan.

Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang juga dapat mengalami kondisi badan yang menurun. Hewan peliharaan tersebut dapat jatuh sakit, hewan cukup rentan terhadap penyakit. Tetapi dapat dipastikan bahwa setiap setahun sekali atau maksimal dua tahun sekali, hewan peliharaan tersebut akan jatuh sakit. Ketika hewan tersebut sakit akan cukup banyak biaya yang akan digunakan untuk pengobatan hewan. Jangan akan pengobatannya, untuk mengurus hewan saja sudah memakan biaya yang cukup banyak. Hal ini juga yang menjadi alasan pemerintah negara tersebut untuk memberlakukan asuransi kesehatan hewan.

Dalam sebuah negara pasti mengalami perubahan musim, seperti di Indonesia saja terdapat dua musim. Musim tersebut adalah musim hujan dan musim kemarau. Perubahan cuaca yang tak menentu juga dapat menyebabkan kondisi hewan menurun, oleh sebab itu jika di Indonesia mengadakan asuransi kesehatan untuk hewan maka hewan di Indonesia akan sehat. Dengan demikian tidak ada lagi hewan yang akan sakit dan mati. Sebenarnya cara tersebut juga dapat membantu untuk pelestarian hewan. Cukup banyak tenaga dokter hewan yang akan membantu dan menolong hewan tersebut. Biaya pengobatan hewan termasuk sangat mahal dibandingkan dengan pengobatan manusia pada umumnya.

asuransi kesehatan hewan
asuransi kesehatan hewan

Salah Satu Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan Untuk Hewan
Biaya pengobatan yang lebih mahal inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan hewan. Dengan adanya asuransi kesehatan untuk hewan, maka akan dapat membantu pemiliknya untuk mengobati hewan tersebut. Hewan yang pertama kali mendapatkan asuransi adalah Kuda. Hewan ini mendapatkan asuransi pada tahun 1890 yang dilakukan oleh Lansforsakrings Alliance Claes Virgin. Awalnya ia melakukan asuransi hewan pada kuda dan hewan ternak. Hewan ternak diberikan asuransi dengan tujuan agar dapat menghasilkan daging, susu dan telur yang sehat. Sedangkan kuda pada saat itu merupakan salah satu transportasi yang harus benar-benar dijaga kesehatannya.

Namun setelah 57 tahun kemudian, barulah asuransi kesehatan untuk hewan peliharaan diberlakukan. Hewan peliharaan tersebut seperti kucing, anjing hingga kelinci. Pada awalnya asuransi ini diterapkan di Negara Inggris. Karena negara tersebut, sebagian besar warganya memiliki hewan peliharaan. Bahkan sampai sekarang pun hampir semua warga negaranya memiliki hewan peliharaan. Oleh sebab itu pemerintah negara tersebut dapat dibantu oleh warganya untuk melestarikan hewan. Setelah Inggris, negara yang memberlakukan asuransi tersebut adalah Negara Amerika Serikat pada tahun 1982. Ada beberapa perawatan yang harus didapatkan oleh hewan peliharaan yaitu seperti perawatan gigi, perawatan kutu pada bulu, perawatan kuku dan masih banyak lagi.

Bila hal tersebut dilakukan sendiri oleh pemiliknya maka biaya yang akan dikeluarkan pun cukup banyak. Apalagi untuk perawatan seperti itu harus rutin dilakukan agar dapat menjaga kesehatan hewan. Tidak dapat dipungkiri bahwa hewan peliharaan pun lambat laun akan mengalami kematian. Namun akan lebih baik jika hewan tersebut mendapatkan perawatan yang intensif. Bahkan hewan pun dapat menderita penyakit kanker. Bila penyakit tersebut sudah menyerang tubuhnya, maka hewan juga sangat membutuhkan pengobatan. Dengan adanya asuransi kesehatan hewan, maka hewan akan mendapatkan perawatan untuk penyakitnya tersebut. Hewan juga merupakan ciptaan Tuhan yang harus dijaga.

Perusahaan yang Menyediakan Asuransi Kesehatan Hewan
Sekarang ini sudah ada perusahaan yang sengaja menyediakan asuransi kesehatan hewan. Asuransi untuk hewan peliharaan berbeda-beda, karena hewan peliharaan tidak hanya satu jenis saja. Misalnya pada kucing, kucing saja bila dijabarkan akan sangat banyak jenisnya. Tergantung bagaimana perawatan yang harus didapatkan oleh kucing tersebut. selain itu hewan yang paling banyak di pelihara adalah anjing. Anjing juga sangat banyak jenisnya. Tetapi asuransi untuk anjing dan kucing ada premi khusus yang berbeda juga.

Premi yang ditawarkan pun berbeda, pada kucing dan anjing akan dikenakan premi yang lebih murah, tetapi untuk premi pada hewan peliharaan seperti kuda, kelinci dan lain-lain sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan biaya yang diperlukan untuk merawat hewan tersebut sangat banyak. Namun, sama seperti halnya manusia, perusahaan asuransi kesehatan hewan juga harus di teliti dahulu agar tidak ada kekeliruan di kemudian hari. Karena perusahaan asuransi hewan lebih mahal daripada asuransi manusia. Sehingga banyak orang yang tidak bertanggungjawab untuk memanfaatkan hal tersebut. Biasanya yang menawarkan asuransi untuk hewan adalah toko-toko hewan. Dengan demikian hal tersebut dapat membantu untuk menjaga hewan agar tetap sehat. Kebanyakan toko hewan sekarang telah dilengkapi dengan adanya dokter hewan yang akan menangani kesehatan hewan tersebut.

baca juga tulisan berikut masih tentang asuransi hewan peliharaan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar