Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Karakter investasi kripto: jenis, manfaat dan resiko wajib diketahui.

karakter investasi kripto; jenis, manfaat dan resikonya
Cukuplah terwakilkan dengan ungkapan 'invetasi dengan tingkat keuntungan yang sangat tinggi seiring dengan resiko kerugian yang sangat tinggi pula', ini sudah menjadi suatu pemahaman yang baku dalam dunia invetasi termasuk dalam dunia investasi crypto, dimana fluktuasi naik-turunnya harga bisa sangat extreme dimana suatu waktu koin kipto yang kamu miliki tiba-tiba mengalami lonjakan harga yang sangat tinggi dan terus meninggi sampai mencapai rekor tertinggi[=all time high /ATH] dan bisa pula tiba-tiba koin kripto kamu mendadak harganya nol, tak berhargai, jelas ini terjadi pada koin kripto tentu. disinilah perlunya kamu mempelajari coin crypto yang hendak menjadi pilihan investasi. Jangan sampai kamu cuma ikut-ikutan trend para army coint tertentu tanpa berfikir panjang mempelajari fundamental dari koin yang menjadi pilihanmu untuk berinvestasi. Kamu bener-bener harus mempelajarinya, janganlah dikemudian hari baru sadar pemahaman koin kripto pilihan ternyata kurang mendalam dan telah kamu alami kerugian yang mungkin tidak sedikit.

Jenis koin kripto yang ada.

Berikut 6 jenis koin kripto dengan rangking teratas dibeberapa exchange terkemuka yang [mungkin] pantas anda miliki sebagai aset investasi;

  1. Bitcoin, bitcoin sendiri adalah rajanya koin kripto. Harganya selalu diatas dari koin kripto lainnya. kalaupun rangkingnya turun bitcoin tidak akan sejatuh coin abal-abal, sebab bitcoin ini digosipkan dimiliki oleh para 'ikan paus' yang mempunyai kuasa untuk menurunkan harga dan menaikan harga suatu koin kripto. dan dibeberapa gosip yang lain bitcoin dimiliki pula oleh raksasa-raksasa negara adidaya dan investor dan pengusaha papan atas seperti elon musk yang mengaku juga kalau dia nyimpen aset dalam koin kripto ini selain dia juga ngesupport dogecoin #9.
  2. Ethereum. koin kripto Ethereum diilhami dari bitcoin. tentu dengan beberapa perbedaan disana-sini, dengan menambahkan fitur yang dianggap tidak ada di bitcoin sepeti fitur yang sedang pupuler saat ini, NFT(non fungible token). ethereum memiliki komunitas yang cukup kuat pula seperti halnya bitcoin ditambah dengan dukungan kemampuan untuk membuat token baru yang mendukung terciptanya ekosistem criptocurrency baru diatas jaringan ethereum sendiri. Harga etherum lumayan besar pula meski belum mampu mendekati harga dari bitcoin[sampai tulisan ini dipublish], yang paling terkenal di ethereum dikalangan pemerhati crypto adalah 'gas fee'.
  3. Binance Coin. coin ini mempunyai harga yang tinggi yang melewati koin kripto yang sudah ada dan beredar telebih dahulu. Ini disebabkan coin ini diciptakan oleh exchange yang dikatakan terbesar didunia yang menjadi penopang harga dari binance coin cenderung stabil bahkan meningkat seiring waktu. Sama halnya dengan koin ethereum, binance coin sendiri mempunyai jaringan token yang tercipta koin kripto yang beragam dan unik.
  4. Tether. coin unik ini dengan simbol USDT memposisikan sebagai koin kripto pengganti mata uang fiat USD. Dengan harga yang sama dengan harga mata uang fiat USD. Dalam pertnyataanya sendiri fihak USDT menyebutkan Coin USDT dijamin dengan emas. tetapi banyak fihak yang menyangsikan ini termasuk dari sebagian pakar analis finansial terkemukan yang menyangsikan kenyataan dari penjaminan ini. yang didapat untuk saat sekarang dimana invetor atau trader yang mempunyai akun di beberapa crypto exchange akan mengkorversi sejumlah uang fiat atau koin kripto yang ada kedalam USDT terlebih dahulu sebelum mengirimkan atau mendepostikan ke akun crypto exchange yang dituju.
  5. Solana, tak jauh berbeda dengan ethereum. Solana dibangun dengan misi menjadi landasan blockchain yang untuk aplikasi-aplikasi berjalan diatasnya dengan teknolologi blockchain umum yang ada seperti DeFI(Decetralize Financial), NFT(non-fungible token), market, game dan lainnya. Fitur unggulan yang terkenal dari koin Solana adalah kemampuan dari jaringan blockchain solana untuk memproses 700.000 transaksi perdetik, wow, sebagai fun fact: seperti yang ditulis di businesswire[29 maret 2021], kemampuan dari visa dalam memproses transaksi sebesar 65.000 transaksi perdetik.
  6. Cardano. koin cardano dengan rilis perdananya di tahun 2017 dikembangkan oleh co-founder dari ethereum setelah perseteruannya dengan rekannya karena perbedaan pendapat tentang masa depan ethereum apakah non-profit atau menjadi perusahaan yg bersifat orientasi profit. Pebedaan mendasar dari cardano dengan ethereum atau bitcoin, dimana cardano menggunakan protocol proof-of-stake dimana secara nyata mengurangi beban kakulasi komputasi jika dibandingkan dengan protocol proof-of-work, protocol yang digunakan bitcoin dan ethereum. Teknologi yang digunakan tentu mengambil segala kelebihan dan manfaat dari teknologi blockchain yang ada, semisal teknologi untuk teteap melacak transaksi yang ada sepeti halnya bitcoin dan kemamuan untuk menjadi fondari dari token aplikasi yang akan berada dilingkungan blockchain cardano sendiri. terakhir keunggulan yang dimiliki cardano dibanding dengan ethreum adalah 'gas fee' yang lebih murah.

Manfaat

Dari sisi manfaat secara umum [sekarang] hampir semua setuju jika koin kripto manfaatnya demi investasi, salah satu sarana melipatgandakan aset yang cukup menjanjikan dalam waktu singkat, tentu dengan resiko yang sepadan pula besarnya.

sejatinya dari sisi filosofis manfaat dari koin kripto sendiri adalah sarana nilai tukar layaknya uang, dan memang awalnya coin kripto sendiri adalah koin yang diciptakan dengan teknologi kriptografi guna menggantikan mata uang yang ada karena sudah dianggap sudah tidak relevan lagi dengan jaman internet sekarang ini, dalam kajian yang lebih mendalam lagi para perintis awal dari koin kripto sendiri hendak menghadirkan ekosistem dalam lingkungan internet yang melayani berbagai kebutukan perpindana mata uang atau aset tanpa adanya 'perantara' contohnya; bank.

sejatinya sistem ekomoni internet adalah system ekonomi yang bersifat langsung antar individu [peer to peer] dengan perantara jaringan kripto dengan fee yang jauh lebih kecil dari biaya transaks bank konfensional.

Resiko

Dalam beberapa paragrap diatas telah sedikit disinggung dari reskio yang menjadi karakter koin kripto sendiri. secara lumrah semua bisnis atau jenis investasi yang mempunyai potensi keuntungan yang sangat tinggi disertai pula dengan potensi resiko yang sangat tinggi pula. ini yang wajib difahami para investor pemula, dimana kebanyakan para investor pemula yang mulai melirik cryptocurrency mereka mengangapa akan mendapatkan skian persen per hari, jadi tinggal dikalikan satu bulan dikalikan satu tahun... wowowowo keuntungan yang sangat besar luar biasa, bagaimana resikonya? resikonya ada tapi jangan khawatir market lagi bagus tenang aja... bohong! jangan percaya dengan rayuan orang tertentu karna mereka menang berharap kamu menginvestasikan uang kamu dengan target mereka dapat sejumlah bonus dari dari masuknya dana kedalam flatform trading yang direkomendasikan.

lantas solusinya apa? solusinya sederhana. miliki pengetahuan tentang investasi ini, khususnya investasi koin kripto atau cryptocurrency. atau lebih baik lagi tentukan tujuannya apa? apakah bener ingin melakukan investasi atau ingin menjadi trader?

resiko yang pasti dalam investaso koin kripto adalah hilangnya nilai yang dimiliki dari koin kripto sendiri;

  • itu disebabkan karena; developernya yang memang berniat jahat ingin melakukan penipuan.
  • resiko akibat kesalahan dalam waktu masuk/ membeli koin kripto tertentu, memebeli diharga sedang mahal atau membeli dimana semua orang sudah tidak tertarik lagi atas koin kripto tertentu yang mengakibatkan aset yang kita miliki tidak bernilai lagi.
  • Regulasi pemerintan dan penguasa. bisa jadi koin kripto secara spesifik atau secara umum adanya pelarangan dari penguasa atas cryptocurrency yang mengakibatkan semua berusaha untuk menjual semua aset kripto mereka karena panik akan hilangnya nilai aset yang dimiliki.
  • Selalu gunakan uang untuk berinvestasi di kripto dalam jumlah dimana kamu sagggup menanggung kerugiannya, atau istilanya uang dingin.

Just be careful and be smart investor/trader

Posting Komentar untuk "Karakter investasi kripto: jenis, manfaat dan resiko wajib diketahui."