Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mantap! Bappebti blokir web robot trading, berhati2 memilih app trading online!

Pemerintah menghimbawa agar masyarakat supaya tidak mudah percaya dengan berbagai cara penipuan investasi yang sedang trending akhir-akhir ini. Dari mulai trend investasi cryptocurrency, forex atau investasi saham berkedok broker robot trading dan disertai pula system bonus dimana ada hasil jika bisa mengajak teman untuk berinvestasi pula.

Pihak terkait seperti BAPPEBTI(Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi) kominfo tidak tinggal diam, menurut berbagai sumber resmi kominfo sudah memblokir beratus-ratus website trading robot yang meresahkan masyarakat ini, dan tentu ini disertai peran masyarakat yang secara aktif melaporkan tindak penipuan yang dialami.

update infoSejak tahun 2018 hingga Agustus 2021, Satgas Waspada Investasi OJK telah menutup 3.515 "fintech lending" ilegal [sumber:antaranews.com.]

Bukan hal yang baru tentunya, pada kondisi perekonomian yang agak lesu sering disusul dengan adanya trend penipuan termasuk penipuan investasi berkedok robot trading, atau dibungkus dengan skema ponzy (member get member) dengan iklan deposit kecil keuntungan sangat besar, tak ada loss, untung terusss.. dan lain sebagainya.

Diperlukan kebijakan dari masyarakat sendiri untuk mahami dengan betul apakah penawaran yang ada adalah betul adanya sebuah program investasi yang legal dan logis. tetapi tentu saja tuntutan untuk berlaku logis dan memahami bagaimana system investasi yang ditawarkan tidak akan terjadi dengan nyata, apabila mental rakus dan serakah atau karna kebutuhan kepepet karna kondisi bisnis dan tagihan utang yang membuat logika berfikir jadi samar.

Fahami hukum investasi; "Bilamana investasi dengan tingkat pengembalian yang tinggi[untung geude] pasti disertai pula dengan resiko [kerugian] yang tinggi pula", nah hukum ini ga berlaku di trading-tradingan ala tipu-tipu, pasti yang mereka bilang investasi disini untung terus, ga akan rugi :-D

waspada robot trading penipuan

Kriteria/ciri penipuan robot trading

Berikut beberapa ciri-ciri yang besar kemungkinan robot trading atau system investasi yang ditawarkan, diantaranya;

  1. Selalu mengarahkan ke broker tertentu saja.
  2. Broker biasanya bukan broker yang resmi terdaftar di BAPPEBTI. hati-hati, kalau kamu pertanyakan tentang legalitas biasanya mereka menjawab;"... yang terdaftar OJK aja ga bener' lah kan ga jadi jaminan resmi atau tidaknya bakal bener bisnisnya atau bangkrut".
  3. Website/domain gonta-ganti, biasanya karna ada laporan penipuan dan di blokir kominfo.
  4. Adanya pembatasan penarikan, atau memang didepan dikasih tau kalau ga boleh ditarik dalam jangka waktu tertentu.
  5. Ada jaminan keuntungan/profit antara 1-2% setiap hari. Coba fahami skema investasi yang umum/ konvensional saja bilamana kita berharap keuntungan/profit paling 1-2.5% dari jenis investasi jangka pendek dari 1 - 3tahun jangka investasi berdasarkan dari pengelompokan jenis investasi berdasarkan jangka waktu.
  6. Yang terakhir yang tak kalah penting untuk memastikan investasi penipuan dengan adanya member get member, dimana kita wajib mengajak orang untuk ikutan berinvestasi agar ada tambahan bonus atau keuntungan lainnya.
Kesimpulannya, ya tetep terbuka dengan berbagai info yang ada lakukan crosscheck dari berbagai informasi. Jangan mudah terbujuk dengan keuntungan pesentasi yang fantastis tetapi diakhir bulan modal invetasi yang kita setor ludes hilang dibawa kabur para scammer kan sayang sekali apalagi selain kita yang rugi kita juga sudah menjerumuskan teman atau sanak sodara kita kedalam skema investasi yang tidak jelas, malang sekali mereka.

Ada juga sekenario penipuan investasi robot trading tidak benar-benar melakukan trading, info screenshot data trading yang diberikan salah dan tidak akurat, mungkin hal ini tidak akan mudah untuk diketahui para investor awam. Lantar bagaimana mereka bisa membagikan profit kepada investornya. teknik licik nya dengan memberikan uang investor baru ke para investor laman dengan nama keuntungan dari trading. dan tentu ini akan terus berlanjut selama ada korban invetor lain yang baru masuk.

So, be smart investor, pelajari betul-betul kalau kamu ingin bener jadi seorang investor atau trader yang handal, bisa jadi kelak kamu bisa membuat robot tradingmu sendiri, wow. aameen.