Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai penipuan cryptocurrecy disekitar kita.

Seiring dengan trendingnya trading crypto Indonesia menjamur pula orang-orang yang tidak bertanggungjawat memanfaatkan situasi demam trading crypto ini, mereka melakukan penipuan trading crypto atau penipuan investasi crypto dengan berbagai cara dan trik untuk mengelabui orang awan dengan iming-iming keuntungan fantastis diluar kewajaran, yang mengkhawatirkan dari tahun ke tahun nilai penipuan ini semakin tinggi.

how it work

penipuan cryptocurrency sejatinya sangat sederhana meskipun terlihat canggih, maksudnya diartikan sederhana karena logikanya para penipu hanya memancing naluri dasar kitad manusia yang serakah untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar tanpa usaha yang susah atau kalau perlu tanpa usaha sama sekali. Canggih, tentu karena para penipu memperkenalkan sesuatu yang belum tentu semua orang faham semisal investasi di cryptocurrency atau trading crypto.

Disisi orang awan, tentu iming-iming keuntungan yang fantastis dengna setoran modal investasi yang tak terlalu memberatkan menjadi penarik hati yang memikat tanpa papara rencana strategi investasi. tentu ini gayung bersambut dengan keadaan perekonomian selama pandemi seperti sekarang yang tidak terlalu menggembirakan, tentu masyarakat awan akan mudah tergiring dengan tawaran-tawaran investasi yang tidak jelas legalitas badan hukumnya, apalagi modus seperti ini dijalankan secara online di medsos atau grup telegram maupun whatapp yang secara pengawasan sangat sulit sekali.

Jangankan tawaran keuntungna yang fantastis, dengan keadaan perekonomian msa pandemi begini, seorang awam yang bisnisnya sedang lesu-lesunya pasti akan langsung bersemangat dengan tawaran investasi dengan sekedar menjanikan 1%/hari, misalnya.

Dan sudah baran tentu, penipuan cryptocurrency ini tak jauh berbeda dengan cara kerja penipuan yang lain, untuk investasi kecil pastinya para penipu akan memberikan return sesuai dengan yang dijanjikan. meski sejujurnya, yang dibagikan ke korban sebetulnya bukan penghasilan atau keuntungan dari investasi dan sebenernya cuma uang korban yang dibalikan dengan dalih pembagian keuntungan.

Selanjutnya setelah korban mendapat investasi 'kecil'-nya terbukti membayar, sikorban bener-bener termakan keserakahannya dan percaya total dengan dibuktikan pada investasi selanjutnya melakukan jor-joran menginvestasikan semua modal yang ada kepada sang penipu.

Diakhir cerita tentu, penipu membawa lari semua modal yang disetor sebab itu memang tujuannya, dan dengan berdalih ke sikorban kalau invetasinya terjadi loss/ kerugian. Dan fatalnya si korban tidak bisa melakukan tuntutan karna biasanya ada perjanjian diawal, seandainya rugi korban sebagai investor tidak akan menuntut, dan akhirnya yang hanya pasrah.

Solusi

  1. Menjadi investor dengan harapan memiliki keuntungan yang lebih dari sejumlah modal yang investasikan dalam instrumen investasi apapun adalah hal yang wajar. tetapi sangat wajib untuk Kamu sebagai invetor pemula untuk terlebih dahulu memahami berbagai aspek pengetahuan yang ada, agar tidak mudah tergiur dengan bujuk rayu para penipu yang memang berniat mencuri uang kita bukannya untuk bekerjasama mengelolakan uang dalam suatu bisnis untuk memperoleh keuntungan bersama.
  2. Setelah memiliki pengetahuan investasi yang cukup, jangan percayakan seluruh aset kita untuk investasi kepada fihak lain yang tidak jelas baik disisi legal hukmunya atau visi misi dan strategi bisnis yang mereka miliki. kalau kamu punya masalah ini, lakukan investasi secara mandiri, sekarang untuk melakukan investasi mandiri sudah sangat dimungkinkan dengan adanya aplikasi investasi untuk saham maupun aplikasi trading crypto. Dan jangan lupa pastikan terlebih dahulu broker yang mempunyai aplikasi investasi tersebut adalah broker yang terpercaya dan memiliki review yang bagus dan banyak positifnya disamping memiliki legalitas dari badan pengawas investasi yang ada di negara kita.
  3. Investasi dengan nominal yang kecil terlebih dahulu. Uji pengetahuanmu dengan kenyataan di pasar. lalu tingkatkan nilai investasi sesuai dengan pengetahuanmu yang bertambah didunia investasi atau trading yang kamu pelajari.
  4. Jangan serakah dan jangan panik. Tentukan batas resiko dengan jelas. Seberapa besar tingkat kerugian yang kamu sanggup tanggung.
  5. Siapkan rencana keluar. Tentu dengan tingkat keuntungan yang sangat fantastis di investasi yang dengan itu pula melekat tingkat resiko yang tinggi ini akan sangat menguras perhatian kamu untuk terus menerus memperhatikan pergerakan harga teraktual. pada waktunya mungkin kamu juga ingin sedikit relax dan merubah alokasi investasimu ke jenis-jenis investasi yang lebih rendah resiko kerugiannya meski dengan tingkat pengembalian yang rata-rata.

done. stay save, done your research before investing.