Asuransi kesehatan keluarga sejahteran ..bahagia :-)


Kesadaran ber asuransi ditanah air sudah mulai tumbuh ini ditanda dengan munculnya beragam penyedia(perusahaan asuransi) dengan ragam produk asuransi sesuai dengan kebutuhan baik itu perorangan(asuransi individu) atau produk asuransi kelompok, asuransi properti, asuransi bisnis termasuk didalamnya asuransi pinjaman dan asuransi keuangan, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan dan banyak jenis asuransi lainnya respons atas kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi, bahkan pemerintah pun selaku fasilitator antara perusahaan asuransi dan masyarakat sebagai konsumen, sekarang malah ikut heboh dengan mengeluarkan produk asuransi dan bahkan dikatakan beberapa  tahun yang akan datang produk asuransi yang benama bpjs ini akan berstatus wajib, dimana masyarakat yang tidak memiliki produk asuransi wajib ini akan mendapatkan berbagai kepayahan didalam urusan administrasinya nanti, ya kita anggap saja ini merupakan kreatifitas pemerintah yang berkuasa untuk mendapat pemasukan tambahan selain dari exploitasi sumberdaya alam dan pajak :-( jelas urusan ini saya tak tahu apa-apa..

..lanjut, yang seharusnya menjadi pertanyaan besar di hati rakyat adalah apakah ini merupakan sungguh sebuah usaha untuk mensejahterakaan masyarakat semata atau ini memang bertujuan murni bisnis :-) jadi inget dulu setelah tumbangnya era orde baru, silih berganti pemerintahan yang berkuasa rajin melakukan privatisasi berbagai bidang usaha(ga peduli industri primer atau strategis) milik negara, dengan alasan biar lebih produktif dan menguntungkan, lantas kenapa pula dinegeri ini  sudah tersedia berbagai perusahaan asuransi komersil dengan pelbagai produk yang meliputi berbagai kebutuhan perlindungan tidak difasilitasi dengan kemudahan dan kebijakan, malah ikut santap bancakan membuat produk asuransi pemerintah, okelah ada asuransi pemerintah, kenapa ga digratiskan saja dan dibayarkan pemerintah dari uang pajak :-D (wow.. ini ide yang hebat yang tak pernah sedikitpun terpikirkan oleh mereka yang berkuasa ya..?).

Akankan kebijakan ini akan berdampak baik? Sayang sekali secara pendapat pribadi sangat ragu :-( dengan berbagai fakta yang ada, anggaran yang tersedia digunakan dengan maksimal tetapi untuk melakukan pencitraan sahaja. Hehehe.. jadi inget beberapa tahun yang lalu dimana polisi memajang polisi-polisi muda yang cantik dan ganten  diberbagai kesempatan publikasi dikatakan untuk memperbaiki citra kepolisian, hmm.. ada baiknya kita buat juga konsultan jasa pencitraan public ya.. :-D pasti untung besar deh..

Asuransi kesehatan keluarga

asuransi kesehatan keluarga sejahteran ..bahagia :-)
Lantas apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan keluarga? apakah ini adalah jenis dari produk asuransi di sistem asuransi di Indonesia? bentuknya seperti apa kira-kira. Jadi sebetulnya asuransi kesehatan keluarga bisa memiliki dua makna, pertama, dimana asuransi kesehatan keluarga yang memang adalah produk asuransi dari suatu perusahaan asuransi nasional, dan makna yang kedua adalah sebuah istilah atau skema dimana pada kenyataanya ketika kita hendak memiliki polis 'asuransi kesehatan keluarga' kita akan diarahkan ke beberapa jenis produk asuransi demi proteksi pemegang polis dan anggota keluarga yang hendak mendapatkan perlindungan asuransi. karena secara tradisional pada asuransi pada umunya posisi keluarga didalam asuransi hanya sebagai ahli waris saja, kecuali si tertanggung/ pemegang polis asuransi/ kita, berkehendak memasukan anggota keluarga kedalam tanggungan, maka tersedia pula pilihan untuk itu, dalam arti bersifat optional atau istilah asuransi umumnya 'manfaat tambahan'.

asuransi prudential
Untuk membuktikannya, coba saja anda mendapati istilah 'asuransi kesehatan keluarga prudential' dan kita gunakan penyedia berbagai produk asuransi dari perusahaan asuransi kelas multinasional, katakanlah[sebagai sampel]; prudential, berikut adalah link[official web prudential] dafar produk asuransi prudential kita bisa memperhatikan dengan jelas di halaman tersebut, tak ada produk asuransi prudential dengan nama asuransi kesehatan keluarga, yang ada produk asuransi dibagi menjadi dua bagian;
  • Produk asuransi investasi.
  • Produk asuransi perlindungan.
kemudian selanjutnya dari dua kategori diatas masing-masing terdiri;

Produk asuransi investasi;

  1. PRUmy child
  2. PRUlink edu protection
  3. PRUlink fixed pay
  4. PRUlink investor account
  5. PRUlink syariah assurance account
  6. PRUlink syariah edu protection
  7. PRUlink syariah investor account
  8. PRUlink assurance account
  9. PRUlink capital account

Produk asuransi perlindungan;

  1. Asuransi Jiwa Berjangka
  2. Asuransi Jiwa Tradisional
  3. Asuransi Kecelakaan
  4. Dwi Guna
Maka dari kedua kategori produk asuransi prudential diatas dan subkategorinya berupa produk asuransi yang ditawarkan kita dapat mengambil kesimpulan secara nyata istilah asuransi kesehatan keluarga produk nya tidak ada, tetapi ini disiasati dengan adanya produk berupa manfaat tambahan untuk 'beberapa hal' yang sekiranya hendak dimasukan kedalam sistem perlindungan dengan tambahan 'sedikit biaya'. nah, dari sini mungkin akan timbul pertanyaan;"manakah asuransi kesehatan keluarga premi murah yang terjangkau dengan kebutuhan saya". sampai disini tidak akan ada nama produk asuransi atau perusahaan asuransi yang direkomendasikan di tulisan ini agar kualitas tulisan ini tetap terjaga objektifitasnya.

Yang jelas tidak akan terlalu jelas sebelum kita mendefinisikan kebutuhan secara  juga langsung membandingkan berbagai perlindungan, waktu yang dibutuhkan dan berbagai hitungan besarnya premi asuransi kesehatan yang harus dikeluarkan disertai tambahan atas 'manfaat tambahan' yang hendak kita ambil. Patut dipertimbangkan pula jika kita memiliki polis asuransi yang memiliki fungsi investasi, dapat dipastikan kita tidak akan mendapatkan apa-apa atau lebih parah lagi premi yang disetor hangus lebih dari 75% apabila ditengan jalan kita menghentikan atau melakukan penutupan dengan alasan kebutuhan mendesak. baca juga tulisan disini > apa maksud dari produk asuransi unit link. disana sedikit dituliskan kelemahan dari produk asuransi investasi.

[bersambung..]


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar