Apa maksud dari produk asuransi unit link?

baik, secara awan bisa saja kita berfikir secara sederhana, bahwa dengan beragamnya produk asuransi yang ada, termasuk jenis produk asuransi unit link(misal; PRUlink, produk Prudential), itu dibuat sengaja biar calon nasabah awan seperti kita-kita ini bingung dan akhirnya memilih produk asuransi apapun yang ditawarkan :-( wow, tunggu dulu mungkin cara berfikirnya sedikit kita rubah atas situasi yang ada dan tak berubah, misalnya kita anggap dengan beragam produk asuransi, baik asuransi syariah atau asuransi umum/konfensional merupakan tantangan kita untuk memahami bagaikan kita dimasa kecil merasa tantangan dengan mainan puzzle yang diberikan orang tua, hmm.. ini blog mainan anak atau blog asuransi ya ;-)

Disisi baiknya kita menjadi individu yang lebih baik(pastinya) dibandingkan rekan kita dimana kita lebih memahami berbagai ragam produk asuransi yang ada dipasaran dan dapat membantu rekan atau saudara yang pada saat mereka bingung untuk menentukan produk asuransi mana yang paling tepat bagi mereka dan biasanya mereka lebih percaya pada orang yang dikenalnya dibanding dengan seseorang yang baru dikenalnya misanya agen asuransi, bahkan lebih menguntungkan apabila pada waktunya kita membutuhkan suatu perlindungan tertentu dengan nilai tertentu kita tidak akan dibodohi oleh agen asuransi yang pura-pura peduli akan kepentingan kita padahal pada kenyataanya yang mereka perdulikan hanya sebatas potensi bonus yang akan dia dapatkan, ya.. memang tidak semua agen asuransi seperti ini, banyak kok yang baik-baik kadang saking baiknya ada agen asuransi(dia) menyarankan untuk ambil produk asuransi dari perusahaan lain :-) this is clasified info. Aduh! sudah 2paragraph malah saya bicara kesana-kemari sambil curhat bukannya langsung ke bahasan asuransi unit link :-( ya soalnya biar lebih natural macam orang nulis dari hati nya gituh.. :-D bukan pake penulis bayaran.

Produk asuransi unit link 

Dikatakan adalah jenis asuransi non-tradisional, dimana asuransi unit link ini premi/modal yang disetor/dibayarkan mempunyai dua kepentingan;
  1. Untuk setoran proteksi
  2. Untuk investasi, biasanya pada awal perjanjian pemegang polis asuransi akan diminta untuk menentukan dimana hendak modal yang disetor di invest, pilihannya biasanya di berbagai jenis reksadana atau pasar uang.
Permasalahan yang biasa terjadi dan sudah menjadi umum dan tak dianggap masalah lagi, adalah kurang transparannya kemana modal kita investasikan, ya mungkin ini menyangkut dengan keinginan baik fihak manajemen asuransi dan seberapa bagus para IT mampu menyajikan secara berkala informasi dana/ modal yang disetor diinvestasikan fihak perusahaan asuransi, meskipun pada akhir-akhir ini sudah mulai banyak perusahaan asuransi yang secara berkala rajin menyajikan informasi investasi kepada pemegang polis asuransi unit link ini.

Sangat mernarik sebetulnya, contoh bayangan terburuknya, misal; karena ini menyangkut keuntungan yang didapat bisa jadi malah yang bermasalah disisi kita, dimana kita berubah menjadi tak perduli lagi dimana modal kita diinvestasikan oleh perusahaan asuransi yang penting untung/gak rugi. WTF! Hell flame will eat your flesh and bones :-D

Terakhir yang harus difahami, biasanya(meski tak semua perusahaan asuransi begini) kita tak dapat berharap apa pada jangka waktu 5 tahun pertama(tak semua perusahaan asuransi sama) atas investasi yang kita tanamkan, biasanya ditahun pertama dana yang kita setor habis untuk bonus agen asuransi, kemudian di tahun kedua, ketiga dan keempat mulai berangsur ditingkatkan besaran investasi dari premi yang disetor, lantas pada tahun kelima dan selanjutnya jumlah investasi dari premi yang disetor sudah pada nilai yang maksimal.

Smoga berbekal sedikit pengetahuan ini maka kita fahami dimana apa yang kita dapatkan di awal-awal tahun adalah 0(nol) untuk investasi, dan pertimbangkan pula tentang tujuan awal jika kita hendak memiliki proteksi dan tak terfokus ke investasi. hal buruk yang mungkin terjadi adalah anda mendapati kewajiban membayar premi yang tinggi yang tak sebanding dengan proteksi yang didapatkan. untuk itu pertimbangkan matang2 sebelum berharap untung malah 'buntung'.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar