Jenis investasi terbaik di berbagai kondisi perekonomian kapanpun dimanapun

Tentu pernyataan judul diatas adalah sesuatu yang sangat dibesar-besarkan, mana ada jenis investasi yang seperti itu, pastinya setiap jenis investasi tertentu pasti membutuhkan prasyarat variabel kondisi dan situasi tertentu untuk mendapatkan bunga/bagihasil dari modal yang di invest.

Selama ini kita hanya mengikuti trend, yang entah apakah trend itu dibuat sedemikian rupa atau trend itu terjadi secara alami, patut di ingat dalam bisnis ini tentang manusia semua yang dilakukan berdasakan niat dasarnya; informasi yang disajikan tentu berdasarkan keayakinan yang dibawa sebelumnya, dan secara alami pula sampai pada suatu saat pasar menjadi jenuh, dikatakan diperlukan pemikiran yang kreatif untuk merevitalisasi kembali gairah pasar, ya mungkin itu kata formalnya, tetapi yang terjadi kreatifitas yang ada adalah berupa fantasi dan kadang tidak bersifat rill dimana pasar digiring untuk membeli produk yang sebelumnya tidak ada artinya, dan itu bukan sesuatu yang baik dalam jangka panjang meski sebagian mungkin menganggap kreatifitas yang mendatangkan keuntungan secara keuangan.

investasi terbaik diberbagai kondisi perekonomian
investasi logam mulia
Kita tak mengharapkan situasi  keburukan terjadi dimasa yang akan datang, tetapi dikatakan bahwa siapa yang mempersiapkan diri untuk masa yang akan datang, maka dia sudah menghindarkan kebuturan atas dirinya. sederhananya saja didalam investasi, dimana invest yang kita tanam tak mendapatkan keuntungan yang diharapkan karena keadaan pasar tidak seperti yang diprediksi para analis, atau mungkin karena kita terlalu serakah untuk berinvestasi pada investasi yang memiliki nilai resiko yang besar tanpa pengetahuan yang cukup hanya sekedar mengandalkan gossip yang beredar dipasar. padahal pasti ada saja permainan yang kita luput untuk memahaminya dan menyadarinya setelah terlambat.

beberapa yang disarankan untuk menghindari resiko ini diantaranya untuk menginvestasikan modal usaha di produk investasi yang lebih aman meski dengan keuntungan yang lebih sedikit dibandingkan dengan produk investasi yang tinggi resikonya; kembali lagi definisi investasi terbaik, bukan berarti hanya sekedar berorientasi pada keungungan belaka, tetapi 'baik' dalam arti mempunyai nilai lebih luas lagi memberikan nilai kebaikan pada masyarakat/sosial kita.

Reksadana

investasi terbaik di berbagai kondisi ekonomi
Beberapa fihak menganggap investasi di reksadana merupakan pilihan yang aman. Apakah benar-benar aman? ya kalau kita memang terlalu sibuk akan pekerjaan nyata kita didunia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mempercayakan keputusan investasi atas modal yang kita miliki kepada manajer investasi dimana kita terdaftar membeli  produk investasi reksadana. pertanyaanya haruskan kita berinvestasi di reksadana?

Tetapi ada juga pendapat yang bertolak-belakang akan pendapat umum sebelumnya, dimana dikatakan kita harus memiki pengetahuan yang lebih untuk berinvestasi pada produk investasi yang memiliki keuntungan yang lebih besar, karena dengan pengetahuan yang lebih itu resiko yang ada akan lebih kecil nilainya, sarannya ambil investasi yang beresiko karena akan mendatangkan keuntungan besar / sangat besar. Jelas produk investasi reksadana mungkin bukan produk investasi yang secara dapat dikatakan produk investasi segala keadaan karena membutuhkan stabilitas perekonomian yang menunjang untuk menghasilkan keuntungan.

Sektor riil.

sektor riil
Beberapa menyarankan untuk berinvestasi disektor riil, secara umum investasi dibagi kedalam dua kelompok besar investasi sektor riil(asset yang nyata; sektor properti, produksi dll) dan investasi non-riil(aset finansial misal obligasi dan saham umum, dimana orang berinvestasi disini orang mengharapkan 'surat berharga' meningkat nilai jualnya dan mendapatkan keuntungan). Dikatakan pula bahwa sektor riil adalah investasi yang sebelumnya(sebelum krisis moneter sebelum 1990) sangat diminati setelah tiba masanya krisis banyak investor yang mengalami kerugian dan secara alami mempertimbangkan investasi yang aman dari kerugian sejenis, maka beralihlah ke investasi sektor non-riil, dimana keungungan lebih cepat, meskti tak menutup juga kerugian yang ada membayangi.

Sebelumnya perlu dipertimbangkan pula bahwa di sektor riil biasanya membutuhkan modal yang besar, dan perkembanga modal biasanya membutuhkan waktu yang lama secara otomatis juga menjadikannya investasi ini tidak liquid dibandingkan dengan investasi sektor finansial / non-riil, contoh sederhananya misalkan kita membeli rumah, dipastikan harga rumah setiap tahun akan meningkat, tetapi ketika kita membutuhkan dana cepat dan hendak menjual dengan secepatnya untuk mendapatkan dana tunai sangat tidak dimungkinkan dalam waktu singkat mendapat pembeli dengan harga yang sesuai dengan harapan.

Tetapi disisi lain, dengan berinvestasi di sektor riil itu berarti kita berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa, dengan adanya pertumbuhan ekonomi tentu kan terciptanya lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan ini akan berkesinambungan menuju kesejahteraan yang merupakan cita-cita bangsa ini sejak awal setelah memerdekakan/membebaskan diri dari penjajahan. namun tentu investasi terbaik ini bukan investasi yang paling menguntungkan secara keuangan, mana ada investor yang memikirkan kesejahteraan bangsa? atau pertumbuhan ekonomi nasional? iya kan? yang ada pasti dibenak investor adalah bagaimana mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya :-) dan mungkin kalaulah terjadi kekacauan ekonomi dinegeri tinggal kabur ke luar negeri yang lebih kondusif dan balik lagi kalau sudah aman :-P ini diperparah dengan kebijakan penguasa negeri sebagai fasilitator yang terkesan tidak/kurang memihak investor (baca juga: tulisan tentang contoh lain kebijakan yang tak berfihak pada rakyat) yang menjadi kendala utama bagi para investor padahal seharusnya memberikan berbagai kemudahan dan tekanan untuk keseimbangan dan dukungan pada pertumbuhan ekonomi nasional. kendala kebijakan bagi investor diantaranya;
  • Lemahnya dukungan kebijakan atas sektor industri, dengan kurangnya dukungan dan perlindungan bagi para investor untuk leluasa mengembangkan bidan industri mengakibatkan para investor untuk menginvestasikan modal usahanya pada jenis investasi yang lebih aman.
  • Kebijakan moneter yang belum memihak sektor riil, karena ada penilaian sektor riil dinilai memiliki resiko tinggi. permasalahan suku bunga dan liquiditas yang rendah.
  • Kebijakan fiskal yang tidak berfikir panjang akan pertumbuhan ekonomi dan hanya berorientasi sekedar pada target penerimaan negara sesaat, mungkin karena di pemilu yang akan datang tak dapat dipastikan dapat berkuasa kembali untuk mendapat keuntungan ;-)

Logam mulia.

Investasi logam mulia berupa emas batangan atau perak batangan merupakan sebagian merupakan pilihan investasi yang terbaik dan aman tentu ini kalau dilihat dari sudut amannya saja, harus di ingat bahwa investasi logam mulia merupakan jenis invetasi jangka panjang(lebih dari 1-2 tahun) kita tak dapat mengharapkan perubahan harga yang cukup derastis dari harga beli vs harga emas. ini sempat populer ketika krisis ekonomi melanda dimana beberapa investor yang menyimpang emas dapat bertahan dan malan mendapatkan keuntungan dari harga jual kembali. Dikatakan pula bahwa; "investasi emas bukan untuk menjadi kaya tapi mungkin emas akan dapat mempertahankan kekayaan", ini berbanding lurus dengan fakta bahwa harga kambing yang dibeli dengan uang dinar(koin emas) pada zamannya Nabi Muhammad SAW akan sama harganya dengan emas yang harus dikeluarkan untuk membeli kambing kurban dizaman sekarang, menarik bukan :-)

logam mulia
(c)dailymail.co.uk

Teknik yang digunakan para investor logam mulia

Teknik yang terkenal dengan istilah 'berkebun emas', dimana rahasianya [kurang-lebih] terletak pada 'bug' sistem gadai syariah, beberapa investor logam mulia yang kreatif, melakukan gadai dan beli berulangkali sampai batas kemampuan keuangan pribadi investornya, kemudian menunggu sampai harga logam mulia cukup / sesuai dengan harapan, kemudian jual semuanya..

pro kontra sistem kebun emas

Mungkin saking ramenya pada waktu itu sampe otoritas keuanganpun sempat angkat bicara, dimana dalam pernyataanya mewanti-wanti masyarakat agar jangan tergiur janji manis keuntungan yang sangat besar, berserta pernyataan bahwasannya invesasi logam mulia tetap mengandung resiko juga :-( hmmm.. mungkin otoritas keuangan menginginkan kita berinvestasi pada jenis investasi yang bersifat financial ya? sebab mungking uang akan berada di pribadi masyarakat(bukan di lembaga keuangan pemerintah) jika masyarakat mainstream tergiring pada tren pemikiran ini[berkebun emas]. entah lah.. toh kita punya hak untuk tidak mendengarkan press release apapun karena kita berhak melakukan apapun atas modal kita sendiri.

Kebutuhan dasar.

Yang terakhir yang tak kalah pentingnya adalah investasi pada pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan. dimana pertumbuhan penduduk yang kian pesat adalah menjadi merupakan peluang pula kita berinvestasi dalam projek 'feed human' beberapa trend sudah mengarah pada arahan yang menjanjikan semua bidang bekerjasama untuk lebih bersahabat lagi pada alam setelah banyak fihak yang mulai sadar akan kerusakan yang terjadi di planet bumi ini, misalnya eksploitasi ikan dilautan dimana mulai banyak kalangan mencoba melakukan penelitian dan percobaan untuk beternak ikan laut yang biasanya ditangkap secara besar-besaran pada musim penangkapan yang mengakibatkan menurun secara derastis populasi ikan tertentu sedangkan permintaan makin meningkat.

investasi terbaik
portable fish farm at growing power
Tidak jauh berbeda disektor peternakan dan pertanian mulai melirik nilai tambah dari konsep teknologi ramah dan alami dengan label sehat, produk lokal, dibuat secara traditional, handmade, organik, natural dan lainnya yang biasanya secara nilai memiliki harga jual lebih dibanding peternakan dan pertanian yang terpabrikasi. tak luput pula perhatian akan keberlanjutan dan kesinambungan dimana pertanian dan peternakan organiik merupakan lahan investasi yang menjanjikan dengan alasan trend yang stabil menanjak dari sisi permintaan karena kesadaran yang semakin meluas dimasyarkat untuk lebih sehat.

Semoga saja tulisan ini memberikan inspirasi bagi kita yang sedang mencari definisi yang lebih luas dari investasi terbaik, dimana kebaikan sendiri bukan hanya sekedar mengejar keuntungan belaka tetapi memberikan kebaikan bagi sosial dan kemasyarakatan secara luas.. semoga ;-)  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar