Dua jenis kelompok paket asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi yang perlu difahami oleh pemula.

Pada umumnya sebagai pemula dalam dunia perasuransian saya pribadi sedikit bingung karena saking banyaknya istilah yang terdapat dalam asuransi. berikut sedikit catatan semoga menjadi pengingat dimasa yang akan datang dan memberikan sedikit wawasan bagi siapapun yang membutuhkan kepingan pengetahuan asuransi ini ;-) Produk yang beragam dalam produk asuransi nasional atau internasional baik asuransi komersil, asuransi syariah atau asuransi pemerintah[BPJS], selain ragam produk dan manfaatnya yang berbeda ditawarkan tetap dapat dikelompokan kedalam dua kelompok produk asuransi;
  1. Produk asuransi individu. Jenis produk yang beroriantasi pada pelayanan atas proteksi individu, perseorangan yang mengajukan permohonan untuk memiliki polis asuransi untuk jenis perlindukan tertentu dengan produk asuransi tertentu, seperti; asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan atau jenis asuransi lainnya. Akad/perjanjian pun dilakukan secara individu. biasanya kita dalam keseharian akan sering ditawari produk dari kelompok ini karena produk kelompok inilah yang paling pas bagi kita secara individu, dan anda tak akan mendapati agen asuransi menawarkan produk asuransi kumpulan [2] dibawah, kecuali anda adalah individu yang berada di lingkaran pengambil keputusan yang mungkin mempunyai rencana kebijakan untuk memasukan individu-individu dalam lembaga atau institusi bisnis untuk mendapat perlindungan asuransi.
  2. Produk asuransi kumpulan/kelompok. Jenis produk asuransi ini biasanya merupakan sebuah skema sistem[istilahnya] B2B, atau business to business dimana sebuah institusi atau lembaga atau suatu perkumpulan memutuskan untuk mengajukan permohonan polis asuransi untuk kepentingan perlindungan dari resiko yang diharapkan dipertanggungkan atas individu-individu yang berada dibawah naungan institusi bisnis atau lembaga atau kelompok tertentu.
Kedua jenis ini tentu memiliki perjanjian dengan batas waktu tertentu, dikatakan ada jenis asuransi yang memilik waktu perjanjian 1 tahun, tetapi dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan atau permohonan dari tertanggung/pemegang polis. Disebutkan pula iuran yang harus dibayarkan jenis asuransi kelompok biasanya lebih kecil dibandingkan dengan asuransi individu, ya ini juga relatif sebetulnya relatif atas manfaat apa saja yang hendak diambil dari opsi atau pilihan manfaat tambahan dari suatu produk asuransi.

Demikian sedikit penjelasan tentang produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi umumnya; berupa produk asuransi individu dan produk asuransi kumpulan/kelompok. semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar