Perbedaan antara BPJS dengan asuransi kesehatan umum/komersial

Pemahaman asuransi dimasyarakat awan belum cukup memadai sebenarnya ini masih dapat dibuktikan dengan masih cenderung masyarakat umum untuk menabung daripada untuk berasuransi untuk menyimpan uangnya, bertolak belakang jika dibandingkan dengan negara-negara maju, dikatakan masyarakat lebih berorientasi pada asuransi untuk simpanan atau invest dan juga untuk jaminan perlindungan dari resiko yang besar kemungkinan timbul dimasa depan.

perbedaan antaran BPJS dengan asuransi kesehatan umum

Disatu sisi mungkin menjadi angin segar juga untuk pendidikan masyarat tentang kesadaran berasuransi[benarkah?] dengan adanya sistem asuransi wajib :-( dari pemerintah saat ini yaitu BPJS yang sebetulnya dimasyarakat juga telah lama produk yang serupa yaitu asuransi kesehatan. Baik, berikut ini perbedaan antara bpjs dengan asuransi kesehatan umum;

bpjs Asuransi kesehatan
Premi Murah, apalagi kala kita kerja, sesuai dengan perundang-undangna yang berlaku sebagian dibayar oleh lembaga badan hukum tempat kita bekerja. Mahal, tapi denger-denger juga kalau bpjs tahun ini preminya akan dinaikkan dengan alasa demi pelayanan :-P atau untung nya kurang ya.. hehe. Mahal juga biasanya ini termasuk investasi dan atau fasilitas yang lebih yang akan didapatkan oleh pemegang asuransi kesehatan.
Manfaat Lengkap [katanya] rawat jalan, rawat inap dll. Tetapi beberapa fakta sampai tulisan ini pubished, ada juga beberapa obat yang tidak dilayani oleh bpjs. Kenapa begini ya.. Relatif, tergantung manfaat yang dikehendaki diambil sewaktu perjanjian polis dimulai, kadang juga ada manfaat tambahan[rider] yang sifatnya opsional.
Proses Rumit, maklum birokrasi. Tetapi tergantung siapa yang anda kenal. Saya pernah dioperasi menggunakan fasilitas bpjs dan ga pake rumit :-) karena manfaat silaturahmi banyak sodara dari dalem yang bantu urusan. Sederhana, langsung dan cepat. Tinggal ajukan klaim. Malah bisa double claim :-D
Rumah sakit Terbatas, sesuai dengan rujukan. Tidak terbatas. Meskipun ada tergantung juga pada rumah sakit yang terlibat perjanjian atau ditunjuk atau direkomendasikan oleh perusahaan. Tetapi ini hanya sekedar sistem cashless atau tidak.
Double-claim Tidak ada Ada. Istilahnya kalau kita sakit malah dapat duit setelah dapat penggantian biaya kesehatan/perawatan.
Luar negeri Tidak bisa Bisa banget, syarat ketentuan berlaku. Tergantung fasilitas asuransi kesehatan yang dipilih.

Banyak diluar sana tulisan yang membahas tentang perbedaan antara bpjs dengan asuransi kesehatan. Saya hanya merangkum dan menuliskan dengan bahasa sederhana setelah ditambah sedikit pengalaman pribadi. Semoga membantu menambah wawasan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar