Kenapa Harus Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga Syariah?

Sistem Asuransi Syariah
Banyak orang Indonesia yang belum sadar akan pentingnya melakukan asuransi, apalagi asuransi kesehatan. Padahal, dengan asuransi kita bisa berjaga-jaga atau mempersiapkan kemungkinan buruk yang akan terjadi. Jika kemungkinan itu terjadi, maka sudah ada dana untuk mengantisipasinya. Asuransi kesehatan keluarga sebenarnya perlu dan juga penting. Jadi, tunggu apalagi untuk mengasuransikan kesehatan keluarga Anda?

Mungkin yang membuat Anda masih ragu adalah bagaimana sistem dari asuransi itu, apakah halal atau tidak? Apa tidak termasuk riba? Agar terhindar dari sistem asuransi yang mengandung unsur riba, sebaiknya Anda memilih asuransi berbasis syariah. Begitu juga dengan pemilihan asuransi untuk kesehatan keluarga, sebaiknya pilih yang berbasis syariah. Kenapa demikian? Ada 7 alasan Anda harus memilih asuransi kesehatan keluarga syariah.

7 Alasan Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Syariah

1. Halal
Asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah sudah dijamin halal, tidak terdapat unsur riba dan hal-hal yang diharamkan dalam ajaran Islam. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk tidak memilih asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah. Kehalalan ini juga sudah dijamin oleh MUI dan juga DSN. Investasi yang dilakukan juga sudah dijamin pada usaha yang halal.

2. Jelas
Asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah mempunyai kejelasan dalam segala hal. Kejelasan yang pertama yaitu pada akda atau perjanjian. Perjanjian yang dilakukan jelas, yaitu akad saing menolong antar anggota asuransi. Selain itu, asuransi syariah juga detail dan juga transparan dalam mengelola dana. Asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah memberikan keyakinan yang jelas pada nasabah mengenai pengelolaan dana dan juga manfaat yang nantinya akan diterima.

3. Amanah
Anda disarankan untuk memilih asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah karena perusahaan asuransi syariah memegang teguh amanah yang diberikan. Perusahaan hanya pemegang amanah saja dan dana sepenuhnya milik nasabah, kecuali yang sudah masuk di dana tabarru’ atau milik bersama anggota.

4. Tanpa biaya tambahan
Alasan yang kuat memilih asuransi kesehatan keluarga yang syariah adalah tanpa biaya tambahan dan juga potongan-potongan yang tidak jelas. Potongan yang dikenakan sesuai dengan akad yang sudah disetujui. Tidak seperti asuransi konvensional yang ada potongan jika putus pada tahun pertama, jika memang mengundurkan diri dana akan sepenuhnya kembali.

5. Sistem bagi hasil
Dana yang masuk ada perusahaan tentu akan diinvestasikan, dan hasil investasi ini nantinya akan dibagi antara perusahaan dan juga nasabah. Konsep ini sering dikenal dengan bagi hasil yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

Bagaimana, tertarik untuk mengasuransikan kesehatan keluarga Anda? Jika Anda tertarik, langsung saja cari informasi bagaimana cara untuk mendaftar asuransi kesehatan syariah. Setiap perusahaan asuransi mempunyai persyaratan yang berbeda untuk pengajuan asuransinya. Cari informasi sejelas-jelasnya mengenai persyaratannya dan bagaimana caranya. Dengan informasi yang jelas ini akan mempermudahkan Anda dalam mendaftar asuransi kesehatan keluarga syariah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar