Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Syariah Yang Tepat

Asuransi Kesehatan
Produk asuransi kesehatan sekarang ini sudah banyak beredar di Indonesia, dari mulai asuransi konvensional sampai asuransi dengan basis syariah yang sekarang ini sedang terkenal. Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara memilih produk asuransi kesehatan keluarga yang tepat. Salah satu produk asuransi kesehatan untuk keluarga yang tepat adalah asuransi kesehatan dengan basis syariah. Selain mudah, asuransi kesehatan dengan basis syariah juga mempunyai banyak keuntungan dan juga kelebihan. Dalam memilih asuransi syariah, produk asuransi kesehatan keluarga tentunya kita tidak boleh asal pilih saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam memilih produk asuransi kesehatan keluarga syariah.
  
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Memilih Asuransi Kesehatan

1. Pilih yang sudah berpengalaman
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan memilih perusahaan asuransi untuk produk asuransi kesehatan keluarga adalah pengalaman perusahaan. Semakin lama pengalaman perusahaan dalam bidangnya, maka semakin terpercaya pula. Anda bisa mengecek taun berdirinya perusahaan dan sudah seberapa banyak nasabah asuransi yang ditangani. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman atau saudara mengenai perusahaan asuransi yang akan dipilih.

2. Pilih yang sudah terdaftar
Yang kedua adalah pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar dalam DPS atau Dewan Pengawas Syariah. Hal ini dilakukan agar nantinya kita tidak tertipu dengan sistem asuransi syariah yang dijalankan, ternyata tidak mempunyai izin atau belum menjadi anggota DPS (Dewan Pengawas Syariah).

3. Cek kejelasan perjanjian
Setelah menemukan perusahaan yang berpengalaman dan juga tergabung dalam DPS selanjutnya adalah mempelajari perjanjian atau akad yang akan disepakati. Baca semua hal yang terdapat pada akad dan tanyakan jika memang ada yang kurang jelas. Selain itu, minta jelaskan bagaimana ilustrasi pengajuan klaim dan ilustrasi dari produk asuransi kesehatan keluarga yang akan Anda pilih.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan
Hal keempat yang terpenting adalah pilih produk asuransi kesehatan keluarga yang basis syariah sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda ini akan menghemat biaya dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan kesehatan keluarga Anda.

5. Pelajari ilustrasinya
Yang kelima ini adalah hal yang terpenting, yaitu mempelajari ilustrasi dari asuransi kesehatan yang akan diambil. Dengan mengetahui ilustrasi pada asuransi yang akan diambil nantinya, kita tidak akan merasa kecewa dengan ilustrasi asuransinya.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk memilih salah satu perusahaan asuransi kesehatan untuk keluarga, Anda pastikan jika Anda sudah mempelajari semua seluk beluk dari perusahaan tersebut. Pelajari dari mulai polis, perjanjian, cara mengajukan klaim dan juga ketentuan bagaimana jika Anda ingin mengundurkan diri. Lebih baik jika Anda akan tanda tangan kontrak dengan pihak perusahaan, semua hal harus Anda baca dan tanyakan jika memang kurang jelas. Jangan sampai menyesal atau kecewa pada pilihan Anda sendiri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar