Tips Tepat Memilih Asuransi Kesehatan Syariah Yang Baik

Asuransi Syariah
Sekarang ini banyak sekali lembaga keuangan yang mengembangkan produknya dengan berlabelkan syariah, seperti misalnya pada asuransi syariah. Hal tersebut juga menandakan bahwa masyarakat Indonesia sekarang ini lebih kritis dalam memilih lembaga asuransi yang terbaik. Memang wajar jika sekarang perusahaan asuransi konvensional juga membuka produk syariah mengingat bahwa masyarakat Indonesia mayoritas adalah Muslim. Dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat diterima oleh kaum non Muslim juga.

Asuransi kesehatan syariah sendiri paling banyak diminati. Seiring dengan permintaan nasabah yang meningkat, perusahaan asuransi kesehatan syariah juga semakin meningkat. Hal ini yang sering kali membuat para masyarakat bingung harus memilih yang mana. Tak sedikit pula yang memilih perusahaan asuransi yang sudah terkenal. Namun, itu semua tergantung dari kebutuhan masing-masing individu. Karena bisa saja produk dari perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya berbeda. Maka dari itu, perlu sekali untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan perusahaan asuransi syariah mana yang dipilih.



Cara Memilih Asuransi Syariah 
Yang pertama adalah ketahui siapa pengelola dari masing-masing perusahaan asuransi syariah. Dan ketahui pula berapa lama perusahaan tersebut melayani nasabah. Anda bisa ketahui informasi tersebut dari situs resmi perusahaan asuransi tersebut dan cari tahu bagaimana sistem dan kinerja yang dilakukan seperti bagaimana pembayaran klaim kepada para nasabahnya. Setiap perusahaan asuransi memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang masing-masing dari anggota tersebut memiliki pemahaman tentang ekonomi syariah. Adanya DPS memiliki tujuan untuk menjamin setiap dari produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh perusahaan benar-benar berdasarkan pada hukum syariat Islam dan dihalalkan secara syariah.

Setiap perusahaan asuransi kesehatan syariah pastinya tidak mengenal yang namanya dana hangus. Sehingga, setiap nasabahnya tetap mendapatkan premi yang telah dibayarkan jika suatu hari nanti ia sudah tidak bisa memperpanjang preminya karena sesuatu hal. Meskipun jumlah tidak 100% utuh. Maka dari itu, sebaiknya baca dengan teliti dan baik-baik isi dari perjanjian premi polis asuransi dari perusahaan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan Anda di kemudian hari.

Pelajari pula ilustrasi asuransi tentang berapa perkiraan dana yang diperoleh calon nasabah nantinya di akhir masa periode perjanjian. Jika hasil ilustrasi menunjukkan jumlah bagi hasil lebih besar dari bagi hasil asuransi syariah pada umumnya, maka jangan langsung tergiur. Sikapi dengan bijaksana dengan mempelajari kembali asumsi yang disebutkan pada ilustrasi. Dan yang perlu dihindari adalah jangan mudah terpancing dengan premi yang murah. Ini karena, bisa jadi perusahaan ingin mengeruk dana yang besar. Lalu, yang terakhir adalah cermat dalam memilih agen penjual asuransi kesehatan syariah yang professional dan telah memiliki keanggotaan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar