Kelebihan Atau Keunggulan Asuransi Kesehatan Keluarga Syariah

Asuransi mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Asuransi merupakan salah satu produk jasa yang menawarkan jaminan keselamatan sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan bisa terantisipasi. Namun dalam Islam, asuransi konvensional haram hukumnya karena ada unsur riba. Bagi Anda yang Muslim dan ingin mengasuransikan kesehatan keluarga, Anda bisa memilih asuransi kesehatan syariah. Asuransi syariah ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, tapi baru mulai terkenal akhir-akhir ini saja. Hal ini dikarenakan belum banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah.

Keunggulan Asuransi Berbasis Syariah
Sebenarnya, asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah mempunyai banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan asuransi yang konvensional. Keunggulan pertama yaitu dalam akad. Akad yang digunakan dalam asuransi syariah adalah akad tolong menolong, jadi tidak ada unsur riba karena akadnya adalah tolong menolong. Dana yang masuk ada sebagian yang masuk di tabungan peserta dan sebagian lagi masuk pada dana tabarru’, yaitu dana yang memang dikhususkan untuk saling menolong antar anggota asuransi. Jadi, nasabah bisa sekaligus menabung dan juga beramal untuk saling menolong. Nah, inilah keunggulan yang kedua dari asuransi kesehatan keluarga syariah.

Keunggulan yang ketiga adalah tidak adanya sistem dana hangus. Banyak orang yang enggan berasuransi karena ada sistem dana hangus ini, yaitu jika kita mengundurkan diri, maka dana yang sudah disetorkan akan hangus atau hilang dengan sendirinya. Berbeda dengan sistem syariah, tidak ada istilah dana hangus disini. Jika Anda mengundurkan diri sebelum jatuh tempo, maka dana akan dikembalikan sepenuhnya pada nasabah. Tidak semua dana kembali memang, karena premi yang dibayarkan ada sebagian yang masuk pada dana tabarru’. Selain dana tabarru’ akan dikembalikan kepada nasabah.

Keunggulan yang keempat yaitu dijamin halal dan bebas dari unsur riba. Kehalalan asuransi syariah ini sudah dijamin oleh DSN atau Dewan Syariah Nasional. Halal karena dalam asuransi kesehatan syariah dana yang masuk semuanya bukan milik perusahaan dan tidak ada unsur riba. Perusahaan asuransi syariah hanya sebagai pemegang amanah atau pengelola dana yang masuk. Investasi yang dilakukan juga sudah dijamin pada usaha yang halal dan bebas dari unsur perjudian. Dana hasil investasinya juga tidak milik perusahaan penuh tapi merupakan milik nasabah yang hasilnya dibagi dengan perusahaan dengan prinsip bagi hasil.

Bagaimana, banyak bukan keunggulan dan kelebihan dari asuransi kesehatan keluarga yang berbasis syariah? Untuk itu, jangan ragu lagi untuk mendaftarkan anggota keluarga Anda dalam asuransi kesehatan keluarga syariah. Tidak perlu takut dana hangus, dan tidak takut terdapat unsur riba dan hal yang diharamkan dalam Islam. Jika ingin menikmati asuransi kesehatan yang halal, segera daftarkan keluarga Anda pada asuransi kesehatan keluarga dengan basis syariah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar