Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Syariah

Pengertian Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan adalah tabungan untuk jangka panjang yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Meskipun begitu masih banyak orang yang memiliki pendapat bahwa asuransi kesehatan tidaklah begitu penting. Padahal segala resiko penyakit apapun bisa saja menimpa pada diri kita. Baik itu penyakit ringan maupun penyakit kritis. Jika kita tidak memiliki tabungan dan persiapan yang baik untuk menghadapi resiko tersebut, maka permasalahan tersebut akan sulit diatasi. Terlebih biaya pengobatan dan harga obat semakin meninggi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka masalah tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Manfaat Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah
Yang sekarang ini sedang banyak diminati adalah produk asuransi syariah. Mengapa? Karena asuransi syariah menggunakan sistem yang sesuai dengan syariat Islam yang mana mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Selain itu, asuransi syariah juga tidak memberatkan bagi mitra atau nasabahnya. Karena sistem yang digunakan adalah bagi hasil. Selain itu sistem syariah ini tidak menggunakan sistem dana hangus yang mana jika nasabah tidak bisa melanjutkan premi lagi tetapi bisa mengambil jumlah premi yang terbayarkan meski tidak utuh.

  • Mendapatkan perawatan kesehatan fisik, nasabah juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan mental selain mendapatkan pelayanan fisik. Akan tetapi, produk asuransi kesehatan seperti ini belum ada di Indonesia dan baru akan segera diterapkan. Jadi jika saja produk asuransi kesehatan ini jadi diterapkan di Indonesia, maka akan menjadi keuntungan untuk Anda sebagai nasabah asuransi kesehatan karena tidak hanya pelayanan kesehatan fisik saja, tetapi juga mental.
  • Tidak hanya cukup sampai di situ saja manfaat yang Anda dapatkan dari asuransi kesehatan. Baru-baru ini beberapa perusahaan asuransi kesehatan baik itu konvensional maupun syariah memberikan layanan kesehatan berupa pengobatan herbal atau akupuntur. Metode pengobatan ini juga banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jadi jika Anda memiliki penyakit dan perlu pengobatan intensif, dan Anda menjadi anggota asuransi kesehatan maka Anda dapat memperoleh pelayanan asuransi kesehatan dengan metode pengobatan alternatif.

  • Apabila Anda mengidap suatu penyakit kronis, maka Anda akan mendapatkan pelayanan pengobatan jika memiliki asuransi kesehatan syariah. Namun tidak hanya itu saja, Anda juga akan mendapatkan pelayanan perawatan dari penyakit tersebut. Seperti misalnya jika nasabah yang memiliki kebiasaan merokok dan mengidap penyakit paru-paru dan sedang menjalankan pengobatan, maka dari pihak perusahaan asuransi tidak hanya memberikan pelayanan pengobatan saja. Tetapi juga perawatan seperti misalnya memberikan terapi kepada nasabah untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Bantuan seperti ini memiliki tujuan untuk mempercepat penyembuhan nasabah. Sehingga nasabah yang ikut asuransi kesehatan syariah akan mendapatkan pelayanan dobel.
Demikian informasi mengenai manfaat dari memiliki asuransi kesehatan syariah. Semoga informasi ini bermanfaat.  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar