Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Sudahkah Kendaraan Anda di Asuransikan? 
Kendaraan merupakan salah satu investasi yang banyak dimiliki oleh keluarga untuk alat transportasi sehari-hari. Baik mobil maupun motor yang merupakan kendaraan bermotor, seringkali diasuransikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Siapa yang menyangka, kendaraan dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dalam waktu-waktu yang tidak terduga. Biasanya, asuransi diberikan pada kendaraan yang mengalami pencurian, kecelakaan, maupun akibat perbuatan hukum dari orang lain. Peristiwa ini seringkali terjadi dan tentunya mengagetkan pemilik kendaraan yang biasanya mengalami musibah tanpa memiliki persiapan yang matang. Akhirnya, para keluarga ini hanya bisa gigit jari melihat kendaraan yang dimilikinya hilang atau rusak.

Beberapa Keuntungan Mengasuransikan Kendaraan
Mengalami kehilangan atau kerusakan pada kendaraan tentunya dapat membuat kecewa pemilik kendaraan. Apalagi, mengingat harga kendaraan bermotor yang tentunya tidak sedikit. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki persiapan matang, memiliki asuransi bagaikan sedia paying sebelum hujan. Meskipun sama-sama hujan, setidaknya pemilik asuransi tidak akan kebasahan. Asuransi kerap menyediakan berbagai prosedur dan aturan klaim yang tersedia untuk peristiwa-peristiwa tertentu yang sangat mungkin terjadi pada kendaraan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, baik pencurian maupun kecelakaan, hingga pengrusakan yang dilakukan oleh pihak ketiga, semuanya dapat discover oleh asuransi. Sabotase, maupun kerusakan akibat banjir dan bencana alam lainnya, disediakan prosedur klaim yang valid oleh asuransi.

Biasanya, kerugian pun dihitung dari kerusakan yang terjadi. Ada kerugian yang sifatnya massif secara keseluruhan maupun kerusakan yang sifatnya parsial. Pada tahap ini, pemilik polis pun harus jeli dan siap siaga memberikan laporan kerugiannya pada pihak asuransi. Pasalnya, waktu yang diberikan untuk pelaporan kerugian ini cukup singkat, yaitu maksimal 3 hari. Berbagai dokumen pun wajib disiapkan untuk mendapatkan klaim yang setimpal dengan kerugian yang dialami. Usia kendaraan pun dapat sangat berpengaruh, begitu pula dengan jenis kendaraan yang dimiliki. Apabila kendaraan yang diasuransikan adalah mobil dengan tipe-tipe besar, jelas nilai asuransinya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil kecil maupun kendaraan bermotor.

Fasilitas Asuransi Kendaraan
Tak hanya itu, fasilitas yang diberikan asuransi pun sangat banyak. Tak hanya kendaraan, semisal terjadi kecelakaan pada kendaraan berpenumpang, para penumpang ini pun dapat ikut kebagian asuransi. Selain itu, apabila terjadi kecelakaan misalnya, akan diberikan biaya reparasi darurat serta biaya ambulance bagi penumpang yang turut mengalami kecelakaan. Biaya Derek, medical expenses, hingga biaya bengkel, semuanya dapat tercover oleh asuransi. Untuk itu, bagi para keluarga yang memiliki kendaraan, ada baiknya jika kendaraan tersebut diasuransikan. Pasalnya, meskipun tidak ada yang menginginkan musibah pada kendaraan terjadi, hal itu bukannya tidak mungkin terjadi. Oleh sebab itu, melakukan perlindungan dan investasi sejak dini merupakan langkah yang tepat untuk melindungi barang-barang berharga milik keluarga.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar