Cara Memilih Premi Asuransi Syariah Yang Tepat

Memilih Premi Asuransi yang Tepat
Jika Anda memiliki polis asuransi Anda pasti harus membayar premi sesuai perjanjian. Yang dimaksud dengan premi adalah sejumlah uang yang harus Anda setorkan untuk membayar polis yang Anda miliki. Dalam memilih premi Anda tidak boleh sembarangan. Apabila Anda memilih premi yang terlalu mahal akan berbahaya untuk keuangan Anda. Lebih baik Anda memilih premi sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Pada uraian berikut akan disebutkan cara memilih premi asuransi syariah yang tepat.

  • Cara memilih premi asuransi syariah yang tepat adalah dengan melihat penghasilan. Anda harus memastikan penghasilan yang Anda miliki cukup untuk membayar premi tersebut. Idealnya jumlah uang yang Anda bayarkan tidak kurang dari 10 persen total pendapatan. Jika Anda merasa pendapatan yang dimiliki tidak terlalu besar lebih baik Anda memilih premi yang murah. Sekarang ini banyak sekali perusahaan asuransi syariah yang menawarkan premi murah. Apabila Anda memilih premi murah memang jaminan yang Anda dapatkan tidak akan sebaik premi mahal. Tetapi bagi Anda yang memiliki pendapatan tidak terlalu banyak premi murah bisa menjadi solusi yang tepat.
  • Cara memilih premi asuransi syariah yang tepat lainnya adalah dengan melihat pengeluaran setiap bulan. Setiap orang memiliki pengeluaran yang berbeda. Apabila kebutuhan yang dimiliki banyak akan membuat keuangan semakin menipis. Jika kebutuhan bulanan semakin besar akan membuat anggaran untuk membayar premi semakin rendah. Tetapi jika kebutuhan banyak dan Anda memaksakan membayar premi yang mahal akan membuat keuangan Anda tidak seimbang.
  • Dalam cara memilih premi asuransi syariah Anda juga harus melihat kebutuhan polis. Jika Anda merasa membutuhkan polis yang memiliki premi mahal maka Anda bisa memilih premi yang mahal. Tetapi jika Anda merasa dengan premi murah semua kebutuhan sudah cukup lebih baik Anda memilih premi yang murah. Dalam sebuah polis yang Anda beli ada banyak sekali jaminan yang akan Anda dapatkan. Anda harus membaca dengan baik detail jaminan yang ada pada polis yang Anda beli agar Anda mengerti premi mana yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Hal terakhir yang harus Anda perhatikan dalam memilih premi asuransi syariah adalah dari segi sistem pembayaran. Ada premi yang harus Anda bayar setiap bulan. Tetapi sekarang ini banyak juga perusahaan asuransi syariah yang menawarkan membayar premi tidak harus tiap bulan. Anda bisa membayar premi langsung selama 1 tahun. Memang jika Anda membayar satu tahun penuh uang yang Anda bayarkan menjadi lebih mahal. Cara yang satu ini sangat efektif bagi Anda yang memiliki pendapatan besar dan tidak ingin repot membayar premi setiap bulan.
Dengan membaca penjelasan ini pasti akan membuat Anda tidak bingung dalam memilih premi asuransi syariah yang tepat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar