Asuransi Syariah Atau Asuransi Konvensional Manakah Yang Terbaik

Anda pasti tertarik dengan judul yang disebutkan diatas. Sekarang ini banyak orang yang bingung untuk menentukan jenis asuransi apa yang akan digunakan. Karena bingung tidak sedikit orang yang asal dalam memilih asuransi. Akan lebih baik jika seseorang mengerti dengan detail kedua jenis asuransi tersebut. Kadang orang yang belum pernah mendapatkan pengetahuan mengenai asuransi menilai jenis asuransi tersebut dari kemasannya. Yang dimaksud dengan kemasan asuransi adalah sistem yang digunakan untuk mengelola asuransi tersebut.

Jenis Asuransi
Ada dua jenis asuransi yang umum digunakan saat ini yaitu asuransi syariah dan juga asuransi konvensional. Asuransi syariah sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Itu karena jenis asuransi ini memang diminati karena sistem yang digunakan adalah sistem yang Islami. Sebagian besar penduduk Indonesia juga Islam dan itu menjadi sebuah nilai tambah pada sistem asuransi ini. Yang dimaksud dengan asuransi syariah adalah sebuah sistem asuransi yang menggunakan kaidah Islam yaitu membagi resiko. Dalam Islam memang tidak ada istilah menanggung sebuah resiko dan membagi resiko adalah jalan yang paling tepat.

Dengan adanya bagi resiko, maka pemilik polis ataupun perusahaan asuransi tidak akan mengalami kerugian. Semua pihak bertanggung jawab jika ada resiko yang muncul. Memang banyak pakar yang berpendapat jika asuransi syariah yang ada di Indonesia tidak jauh berbeda dengan asuransi konvensional. Jenis asuransi syariah juga memiliki banyak penawaran polis yang menarik. Salah satu jenis polis yang paling banyak diminati pada asuransi syariah adalah polis pendidikan.

Asuransi Mana yang Akan Anda Pilih?
Asuransi konvensional adalah sebuah asuransi yang menggunakan sistem menanggung resiko. Apabila Anda membayar sebuah premi pada asuransi konvensional maka resiko yang Anda dapatkan dari polis yang Anda ambil sudah menjadi tanggungan dari pihak asuransi. Sebenarnya sistem ini memang cukup menguntungkan. Tetapi karena dalam asuransi yang diutamakan adalah keuntungan akan membuat Anda cukup sulit untuk mengajukan klaim. Umumnya perusahaan asuransi konvensional berasal dari luar negeri. Sebagian besar asuransi konvensional yang ada di Indonesia memang dikuasai asing. Itu sangat berbeda dengan asuransi syariah dimana banyak sekali perusahaan asuransi syariah lokal yang mulai muncul. Tidak sedikit pula perusahaan asuransi konvensional yang menawarkan sistem syariah. Sekarang ini banyak sekali pemilik polis asuransi konvensional yang beralih ke asuransi syariah. Banyaknya orang yang beralih ke asuransi syariah diakibatkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor utamanya adalah karena banyak Muslim yang menganggap menggunakan sistem syariah adalah ibadah. Melihat penjelasan ini pasti Anda mengerti sistem asuransi mana yang Anda anggap baik. Anda harus memastikan asuransi yang Anda pilih memberikan banyak manfaat untuk Anda dan keluarga. Semoga informasi ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar