Keunggulan Menggunakan Asuransi Keluarga Syariah

Asuransi Keluarga Syariah
Asuransi keluarga syariah merupakan asuransi dengan sistem syar'i yang bebas dari riba dan hal-hal yang dilarang oleh agama Islam. Asuransi ini mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan asuransi konvensional. Sebelum membahas mengenai keunggulan dari asuransi sistem syariah anda perlu mengetahui ciri utama dari sistem asuransi syariah. Ciri utama dari asuransi syariah adalah pada akad asuransi, akad yang digunakan adalah akad tabarru'. Dalam asuransi syariah tidak dikenal nama premi tapi sumbangan atau infaq. Dana sumbangan ini tidak dapat ditarik kembali, namun tidak semua dana sumbangan masuk dalam tabarru' ada sebagian yang diinvestasikan, dana investasi inilah yang nantinya jika tidak ada klaim akan dikembalikan.

Ciri dari Asuransi Syariah
Ciri utama lainnya dari asuransi keluarga syariah adalah akad dalam asuransi bukan mulzim atau akad yang wajib untuk dilakukan oleh kedua pihak baik peserta ataupun perusahaan. Peserta yang memberikan sumbangan bukan bertujuan mendapatkan imbalan, jika ada imbalan maka imbalan itu didapatkan dari izin semua peserta asuransi. Selain itu akad asuransi syariah tidak mengandung gharar dan juga riba. Perusahaan asuransi syariah melakukan investasi dengan cara yang syar'i dan tidak diperbolehkan untuk melakukan investasi dengan cara konvesional yang mengandung unsur riba. Sistem investasi yang digunakan adalah sistem bagi hasil. Jenis usaha untuk investasinya ini juga harus yang syar'i dan juga halal.

Yang menjadi penekanan dari asuransi syariah adalah kekeluargaan. Hal inilah yang juga menjadi ciri utama dari asuransi syariah. Perusahaan asuransi syariah bukan merupakan penjual jasa namun hanya pengelola keuangan yang diberikan oleh peserta asuransi. Para karyawan dari perusahaan ini mendapatkan gaji dari hasil bagi investasi yang dilakukan oleh peserta asuransi. Jadi asas yang digunakan adalah asas kekeluargaan yang kental. Setelah mengetahui ciri utama dari asuransi keluarga syariah, sekarang Anda akan dijelaskan apa saja keunggulan menggunakan sistem asuransi ini.

Keunggulan Asuransi Syariah
Keunggulan dalam asuransi keluarga syariah juga sekaligus pembeda antara sistem syariah dengan sistem konvensional. Keunggulan pertama dari asuransi syariah adalah tujuan dari asuransi syariah adalah mencari keridhoan dari Allah SWT. Jadi tidak hanya bertujuan dunia saja tapi juga mempunyai tujuan akhiratnya. Keunggulan yang kedua adalah dalam melaksanakan muamalah terdapat kehati-hatian arena tidak saja dipertanggung jawabkan kepada peserta tapi juga kepada Allah. Selain itu, laporan dalam asuransi syariah juga terbuka dengan semua peserta asuransi.

Keunggulan selanjutnya dari asuransi keluarga syariah adalah produk jasa yang ditawarkan bebas dari unsur yang diharamkan oleh Islam. Asuransi ini bebas dari gharar, maisir, dan juga riba atau bunga yang diharamkan dalam Islam. Prinsip dari asuransi syariah keluarga juga menggunakan prinsip tolong menolong. Prinsip yang digunakan adalah sharing risk, jadi resiko yang akan terjadi ditanggung bersama antar peserta asuransi syariah. Berbeda dengan yang konvensional yang menggunakan transfer of risk dalam penanggungan resiko.

Keunggulan lainnya dari asuransi keluarga syariah adalah investasi yang digunakan. Sistem investasi dalam asuransi basis syariah bebas dari investasi yang mengandung riba. Dalam asuransi dengan sistem syariah, pembayaran klaim dari resiko adalah dana tabarru' yaitu dana sumbangan dari peserta yang sudah diniatkan untuk kepentingan tolong menolong antar peserta asuransi. Dana yang diinvestasikan dalam asuransi syariah juga dijamin berkah karena semuanya halal. Tidak ada unsur yang merugikan peserta asuransi dan juga unsur-unsur yang jelas-jelas haram dalam ajaran Islam.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar