Perlunya memiliki asuransi kesehatan keluarga

Asuransi Kesehatan Keluarga
Asuransi kesehatan bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Hampir setiap orang baik itu tua atau muda memiliki asuransi kesehatan. Namun ada beberapa anggapan masyarakat yang masih keliru dalam menilai dan memahami apa itu asuransi kesehatan. Hal itu tentunya harus diluruskan. Untuk beberapa karyawan, asuransi sudah menjadi fasilitas yang diberikan dari perusahaan tempat dimana mereka bekerja. Namun apa jadinya jika perusahaan tempat bekerja tidak menanggung atas biaya pengobatan. Maka dari itu asuransi kesehatan keluarga sangatlah perlu. Asuransi merupakan suatu bentuk upaya untuk meminimalisir resiko yang nantinya akan dihadapi oleh seseorang di masa yang akan datang dengan ditanggung oleh pihak lain sebagai bentuk usaha dari pihak lain tersebut.

Pihak lain tersebut bisa perorangan ataupun suatu lembaga yang menyediakan jasa asuransi kesehatan keluarga. Biasanya terdapat perjanjian atau yang disebut perjanjian publik antar kedua belah pihak baik dari yang menanggung resiko dan yang ditanggung yang dikelola oleh pihak atau lembaga asuransi. Sehingga baik keluarga atau seseorang semestinya memiliki pendapat atau persepsi akan adanya resiko yang akan datang di masa depan nantinya. Resiko tersebut nantinya akan dirasakan ketika seseorang anggota keluarga jika terjadi yang mana anggota lainnya juga akan merasakan dampaknya. Resiko tersebut bisa berupa kematian, kehilangan atau kerusakan atas suatu barang, ataupun resiko lainnya.

Sehingga jika di tempat bekerja tidak menanggung mengadakan asuransi, maka solusi yang bisa diambil adalah dengan membeli asuransi kesehatan keluarga. Dengan begitu maka anggota keluarga memiliki asuransi pengobatan. Namun apabila keluarga bisa memperkirakan dan menjamin jika tidak akan mengalami gangguan kesehatan yang berarti, maka asuransi untuk anggota keluarga tidak perlu dibeli. Tapi akan lebih bagus lagi jika menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Sehingga membeli asuransi juga tidak ada salahnya. Karena sebenarnya kesehatan tidak bisa diprediksi akan selalu baik atau tidak.

Asuransi Kematian
Selain asuransi kesehatan keluarga, yang juga diperlukan adalah asuransi kematian. Asuransi kematian dibutuhkan jika tiba-tiba kematian terjadi pada kepala keluarga yang sebagai tumpuan keluarga. Maka hal ini bisa menjadi suatu permasalahan untuk keluarga tersebut. Oleh sebab itu, tiap keluarga perlu untuk memikirkan jika hal itu bisa terjadi sehingga resiko untuk terjadi permasalahan setelahnya bisa diantisipasi.

Namun jika salah memilih asuransi kesehatan keluarga juga bisa menjadi persoalan nantinya. Seperti misalnya jika yang diasuransikan adalah kepala keluarga yang merupakan tumpuan dan memiliki aktivitas kerja yang bisa mendatangkan resiko kesehatan, maka hal ini tidak menjadi masalah. Akan tetapi jika yang diasuransikan adalah ibu rumah tangga, dan akibatnya akan sulit karena jika yang meninggal adalah kepala keluarga. Terlebih pada keadaan ekonomi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi untuk keluarga, ada manfaat besar yang bisa diambil.

Manfaat Asuransi Untuk Keluarga
Manfaat yang pertama adalah sebagai simpanan manakala salah satu anggota keluarga mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti misalnya kematian yang tiba-tiba. Sehingga bisa dibilang asuransi kesehatan untuk keluarga merupakan proteksi. Selain untuk menjaga jika terjadi kematian tiba-tiba, asuransi juga bisa untuk proteksi jika Anda atau salah satu anggota keluarga Anda mengalami cacat total atau sebagian akibat dari kecelakaan. Bahkan asuransi kesehatan jua penting untuk mempersiapkan biaya pengobatan jika terkena penyakit tertentu yang diderita sehingga tidak bisa bekerja seperti sebelumnya.

Namun sebenarnya manfaat dari asuransi kesehatan keluarga tidak hanya itu saja. Ada beberapa manfaat tersembunyi dari Anda mengikuti asuransi kesehatan. Seperti manfaat melindungi penyakit kritis yang diderita sejak awal di beberapa lembaga asuransi. Kebanyakan asuransi yang dimiliki hanya dapat memproteksi setelah mencapai tahap yang parah. Seperti misalnya kanker stadium empat.

Manfaat tersembunyi dari asuransi kesehatan keluarga yang kedua yaitu, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan apabila Anda menderita suatu penyakit yang serius atau mengalami kecelakaan yang fatal. Tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi bagaimana keadaan atau situasi di kemudian harinya. Misalnya mengalami kecelakaan fatal atau terkena penyakit berkepanjangan. Jika hal tersebut terjadi dan Anda sudah te proteksi dengan asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perlindungan akan resiko tersebut dari lembaga asuransi. Dalam berbagai keadaan yang Anda alami, polis asuransi yang Anda beli dapat melindungi Anda dan Anda mendapatkan dana atau biaya yang cukup selama menjalani perawatan. Manfaat lainnya, asuransi kesehatan untuk keluarga juga bisa sebagai tabungan dan biasanya asuransi ini terdapat di asuransi jiwa seumur hidup. Dengan kata lain, premi yang dibayarkan akan diterima kembali jika polis dibatalkan atau asuransi telah masuk jatuh tempo. Selain itu juga menguntungkan bagi yang tidak pandai memanage keuangan, karena otomatis diwajibkan untuk menyisihkan dana untuk membayar iuran premi. Asuransi juga dapat dikombinasikan dengan investasi. Sekarang ada produk gabungan dari reksadana dengan asuransi yang dikenal dengan unit link. Dengan produk ini, sebagian dari premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke investasi dan sebagian lagi lainnya untuk asuransi. Mengenai perbandingannya, tergantung dari keputusan pemegang polis tersebut. Jadi bisa dikatakan asuransi kesehatan keluarga itu sangat diperlukan sebagai pengaman seluruh anggota keluarga untuk meminimalisir masalah yang terjadi nantinya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar