Mengenal Jenis-Jenis Asuransi yang Ada Di Indonesia

Asuransi merupakan istilah yang merujuk pada perlindungan atau proteksi baik dalam hal finansial ataupun jiwa dan kesehatan. Proteksi ini dilakukan untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi, jadi semua hal yang beresiko sebenarnya dapat diasuransikan. Namun tentu saja Anda dapat mengambil sebuah produk perlindungan resiko untuk diri Anda jika di perusahaan jasanya menyediakan perlindungan yang Anda inginkan. Sebelum melakukan pembelian produk jasa perlindungan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Dengan mengetahui jenisnya ini, Anda dapat menentukan produk mana yang sekiranya cocok untuk Anda ambil.

Jenis-jenis Asuransi yang Ada Di Indonesia
Jenis asuransi yang di tawarkan di Indonesia banyak sekali diantaranya yaitu kesehatan, jiwa, pendidikan, kerugian, kebakaran, dan pengangkutan. Setiap jenis ini mempunyai penjelasan yang berbeda-beda. Yang akan dijelaskan pertama yaitu asuransi kesehatan. Produk ini merupakan produk yang sangat mudah dijumpai diberbagai perusahaan. Ada dua macam jenis dalam perlindungan atau proteksi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan jasa perlindungan kesehatan yang ada di Indonesia, yaitu perlindungan rawat inap di rumah sakit dan juga proteksi terhadap penyakit kronis. Keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar.

Perlindungan Rawat Inap di Rumah sakit 
Ada dua jenis perlindungan rawat inap di rumah sakit yaitu perlindungan dengan menggunakan kartu dan perlindungan dengan menggunakan sistem reimbursement. Perlindungan dengan menggunakan sistem kartu maksudnya adalah ketika Anda dirawat di rumah sakit, cukup dengan menunjukkan kartu asuransi yang Anda punyai, semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan jasa perlindungan Anda. Namun tentu saja fasilitas yang Anda dapatkan sesuai dengan premi yang Anda bayarkan. Jenis perlindungan rawat inap ini cocok bagi Anda yang merupakan pekerja di perusahaan swasta yang belum diasuransikan oleh perusahaan. Sedangkan perlindungan dengan sistem reimbursement adalah Anda membayar biaya rawat inap di rumah sakit terlebih dahulu, kemudian setelah itu baru diklaim ke perusahaan. Perlindungan ini dihitung hanya biaya per hari rawat inap saja. Perlindungan jenis ini cocok bagi Anda yang sudah diasuransikan oleh perusahaan, jadi hanya untuk pelengkap saja.

Perlindungan Terhadap Penyakit Kronis
Jenis asuransi kesehatan yang kedua adalah perlindungan terhadap penyakit kritis. Produk perlindungan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang usianya di atas 40 tahun. Untuk perlindungan ini ada dua jenis yaitu perlindungan sakit kritis dan perlindungan sakit kritis pada semua stadium. Perbedaan dari keduanya hanyalah pada waktu klaim dan juga jumlah premi yang harus dibayarkan. Selain perlindungan kesehatan, jenis jasa perlindungan yang lainnya yaitu asuransi jiwa. Perlindungan jiwa ini sangat bermanfaat bagi keluarga Anda nantinya setelah Anda meninggal dunia. Ada tiga jenis perlindungan jiwa yaitu term life, whole life dan endowment.

Dari ketiga jenis perlindungan jiwa yang ditawarkan semuanya mempunyai jangka waktu tertentu. Perlindungan jiwa term life hanya melindungi selama 1 sampai 10 tahun saja. Jika masa kontrak habis dan Anda masih hidup, maka uang premi akan hangus. Sedangkan perlindungan jiwa whole life merupakan perlindungan jiwa seumur hidup dan tentunya preminya lebih mahal. Yang lebih menguntungkan adalah perlindungan jiwa endowment, selain memberikan asuransi juga dapat dijadikan sebagai tabungan.

Jenis perlindungan yang lainnya yaitu asuransi pendidikan. Perlindungan pendidikan ini biasanya melekat pada perlindungan jiwa. Ada lagi perlindungan kerugian, perlindungan yang satu ini merupakan perlindungan wajib bagi para pemilik usaha untuk melindungi usahanya dari kerugian. Jenis perlindungan yang lainnya yaitu perlindungan kebakaran. Jenis perlindungan ini biasanya untuk gedung-gedung seperti kantor, hotel dan rumah. Jenis perlindungan terakhir adalah perlindungan pengangkutan. Perlindungan ini dikenakan pada barang yang dikirim baik melalui darat, udara, dan laut. Selain itu masih banyak perlindungan lainnya, seperti perlindungan kendaraan dan perlindungan lainnya. Begitu banyak bukan jenis asuransi yang dapat Anda pilih? Segeralah melindungi diri dan keluarga Anda dengan jasa perlindungan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar