Manfaat Asuransi Jiwa

Apa Itu Asuransi Jiwa?
Pernahkah Anda mendengar istilah asuransi jiwa? Sebelum kita membahas tentang itu, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu definisinya. Asuransi disebut juga pertanggungan, yaitu perjanjian antara pihak penanggung untuk memberikan ganti rugi atau penggantian pada pihak tertanggung karena sebab tertentu sesuai dengan perjanjian. Dengan demikian pengertian asuransi jiwa yang disebutkan diatas adalah pertanggungan antara pihak penanggung dengan beberapa pihak tertanggung untuk menerima premi asuransi atau penggantian kepada tertanggung karena sakit, kecelakaan dan meninggal dunia. Penggantian tersebut sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati pada perjanjian asuransi. Dewasa ini, pertumbuhan asuransi jiwa cukup mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, masyarakat mulai mempercayakan asuransi untuk melindungi dirinya dari resiko yang terjadi pada diri pribadi yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Pilihlah Asuransi yang Terpercaya
Menjadi nasabah asuransi bagi sebagian kalangan dinilai sebagai hal yang penting, karena jika terjadi sakit, kecelakaan dan resiko lainnya kita membutuhkan biaya yang harus ada pada saat itu juga. Disini pihak perusahaan asuransi akan menjamin atau memberi ganti rugi walaupun Anda baru menjadi nasabah asuransi jiwa dan baru beberapa kali membayar premi asuransi. Bahkan perusahaan asuransi yang besar menjamin klaim asuransinya mudah karena sudah bekerja sama dengan instansi kesehatan untuk mengklaim asuransi. Kadang bisa dijumpai ketika seseorang membutuhkan klaim asuransi pada suatu rumah sakit, tetapi rumah sakit tidak melayani klaim asuransi yang Anda ikuti. Maka sebaiknya perlu memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan terbukti pelayanan klaimnya mudah dimana saja dan kapan saja ketika Anda butuhkan.

Setiap orang pasti tidak menginginkan sesuatu yang tidak baik, yang buruk, yang mengancam kesehatan terjadi pada kita. Walaupun kita sudah hati-hati dan menjaga pola hidup sehat dan teratur, tapi namanya sakit dan musibah bisa datang kapan saja, disinilah peran penting mengikuti asuransi jiwa. Karena jiwa Anda telah ditanggung dengan jumlah besaran biaya tertentu sesuai kesepakatan diawal perjanjian, sehingga Anda merasa lebih tenang jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya dari resiko pada jiwa Anda. Asuransi juga bisa Anda berikan kepada keluarga Anda, sehingga semua anggota keluarga telah terjamin oleh asuransi. Ini merupakan salah satu manajemen yang baik dalam mengelola kesehatan pribadi dan anggota keluarga Anda.

Manfaat Asuransi Jiwa
Untuk memberikan gambaran umum beberapa manfaat asuransi kepada masyarakat yang mungkin masih awam dan membutuhkan asuransi untuk melindungi dirinya dan anggota keluarganya, berikut ini beberapa manfaat mengikuti asuransi jiwa antara lain:
  • Sebagai asuransi kesehatan, kita sebagai pihak yang tertanggung asuransi mengalami gangguan kesehatan, sakit dan keluhan kesehatan lainnya maka biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Besarnya biaya pengganti disesuaikan dengan perjanjian awal ketika mengikuti asuransi. 
  • Resiko terjadi kecelakaan lalulintas saat Anda berkendara. Bagi yang mempunyai polis asuransi jiwa jika terjadi kecelakaan, selama perawatan di rumah sakit jika terjadi luka hingga membutuhkan pengobatan dan opname. Semua kebutuhan biaya tersebut bisa diganti oleh pihak asuransi. Hal ini sangat membantu, dari beberapa survey menyimpulkan bahwa kecelakaan sebagian besar menyebabkan kemiskinan. Karena biasanya mengakibatkan luka parah, bahkan kematian serta mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk perawatan jika sampai luka parah hingga operasi. Dengan pertanggungan dari asuransi kepercayaan Anda, semua itu bisa lebih ringan.
  • Jika nasabah atau tertanggung meninggal dunia maka mendapat asuransi yang diberikan untuk ahli waris, misalnya seorang ayah pemimpin keluarga meninggal dan sudah mengasuransikan dirinya. Maka ketika tertanggung meninggal dunia ahli waris akan mendapat jumlah uang tertentu sesuai perjanjian asuransi jiwa pada saat dirinya masih hidup. Ini dimaksudkan supaya keluarga yang di tinggal tetap terjamin kehidupannya setelah tulang punggung keluarga meninggal dan bisa membuka usaha dengan uang dari pihak asuransi untuk mendapat penghasilan tambahan.
Dari beberapa kasus atau resiko yang sewaktu-waktu bisa menimpa pada Anda kita bisa mengetahui manfaat dari asuransi, termasuk dalam asuransi untuk jiwa kita. Bahkan di luar negeri bukan cuma jiwa saja yang di asuransikan, anggota badan yang bagi mereka mempunyai nilai istimewa tidak segan-segan dan rela mengeluarkan uang untuk mengasuransikan anggota tubuhnya. Misalnya payudara, mata dan lain-lain, hal itu karena mereka merasa keistemewaan yang ada pada tubuhnya mempunyai nilai lebih dan istimewa serta rawan resiko, misalnya kanker payudara. Jika Anda rela mengasuransikan mobil, ruko tempat usaha mengapa Anda tidak peduli dengan jiwa sendiri? Bukankah itu lebih penting, karena selama kita masih sehat maka apapun masih bisa dicari dan dimiliki. Kekayaan, harta, jabatan tidak seberapa nilainya dibandingkan dengan kesehatan dan keselamatan Anda. Maka sebaiknya Anda ikut asuransi jiwa karena lebih banyak positifnya dari pada negatifnya. Pada dasarnya semua itu kembali ke pribadi masing-masing dalam menilai seberapa berharga diri Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar