Cara Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa

Anda bingung mencari perusahaan bidang asuransi untuk melindungi jiwa Anda? Memang sekarang banyak muncul perusahaan baru maupun perusahaan lama dalam bidang asuransi jiwa. Bahkan industri perbankan juga tidak ketinggalan membuka program asuransi, hal ini disebabkan kebutuhan dan kesadaran akan pentingnya asuransi yang menjamin jiwa di kalangan masyarakat semakin meningkat. Grafik jumlah pengikut asuransi dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan. Perusahaan asuransi saling berlomba menarik perhatian konsumen dengan berbagai keunggulan dan keistemewaan yang diberikan dari masing-masing perusahaan layanan asuransi. Jika Anda saat ini sudah ikut asuransi termasuk untuk jiwa Anda, berarti Anda orang yang telah peduli dan sadar akan nilai penting dari diri Anda. Bagi yang belum ikut asuransi, ada baiknya untuk lebih teliti memilih penyedia layanan asuransi yang terpercaya untuk menjamin jiwa Anda baik jangka pendek atau jangka panjang.

Dalam artikel ini, akan kami berikan uraian bagaimana memilih asuransi jiwa yang tepat. Dalam memilih jenis asuransi ini tidak boleh asal pilih, membutuhkan pertimbangan yang bijak untuk kenyamanan dan keamanan selama menjadi nasabah asuransi. Pertimbangan itu meliputi nama perusahaan yang sudah terpercaya, kredibilitas perusahaan, lama perusahaan sejak pertama berdiri, jaminan atau keamanan finansial perusahaan dan pelayanan yang memuaskan. Karena kita mencari mitra yang baik untuk sama-sama mengerti arti sebuah resiko dan saling memahami akan resiko yang kita berikan ketika kita membutuhkan pengganti atau jaminan setelah terjadi resiko. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk Anda dalam memilih asuransi jiwa yang bisa menjadi sahabat dan mitra yang baik selama perjalanan hidup.

· Identitas dan Nama perusahaan asuransi jiwa
Nama perusahaan asuransi memang cukup banyak, misalnya BUMI PUTRA, Asuransi PRUDENTIAL, SINARMAS MSIG, Asuransi Takaful dan sebagainya. Itu merupakan beberapa nama perusahaan yang sudah cukup ternama melayani konsumen asuransi jiwa baik perusahaan asing atau perusahaan lokal. Beberapa perusahaan tersebut juga sudah berdiri sejak puluhan tahun dan cabangnya merata di beberapa lokasi di kota Anda. Perusahaan tersebut terbukti mampu berdiri sampai sekarang bahkan sudah berafiliasi dengan berbagai instansi dan penyedia pelayanan kesehatan di berbagai kota dan daerah. Itu dimaksudkan untuk mempermudah layanan klaim asuransi dimana saja dan kapan saja ketika Anda membutuhkan. Dengan demikian perusahaan tersebut jelas tegas dan komitmen dengan menjunjung tinggi integritas penanggung.

· Produk asuransi
Masing-masing perusahaan layanan asuransi tentunya mempunyai nama produk sendiri-sendiri, nama layanan misalnya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, asuransi keselamatan kerja dan sebagainya. Dalam memilih layanan atau produk asuransi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan perlindungan Anda, misalnya Anda membutuhkan jaminan hari tua, jaminan dari resiko penyakit kritis yang sering mengancam manusia. Selain itu juga harus sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar premi asuransinya. Ketika saat melakukan perjanjian asuransi jiwa, sebaiknya teliti dahulu isi kontrak dan pelajari tawaran layanan perlindungan dilihat dari realita resiko yang sering terjadi saat ini. Sehingga ketika nanti kita membutuhkan pertanggungan, perusahaan tersebut mau melayani sesuai isi kontrak yang ada.

· Kemampuan Finansial Perusahaan Asuransi
Ketika memutuskan untuk ikut asuransi jiwa, berarti Anda melakukan kontrak dalam jangka waktu yang lama. Sebab itu, maka pilihlah perusahaan yang pengelolaan keuangannya baik, sehingga tidak khawatir jika suatu saat perusahaan tersebut mengalami masalah keuangan. Biasanya perusahaan tersebut secara rutin memberikan laporan transparansi keuangannya di media cetak atau bisa dilihat di situs resmi online. Dari laporan keuangan tersebut dapat diketahui apakah perusahaan tersebut bermasalah atau tidak dari segi pengelolaan keuangan.

· Layanan asuransi
Beberapa kalangan masyarakat masih kurang begitu memahami apa maksud asuransi jiwa, kadang justru dinilai sesuatu yang menyulitkan dan lebih mudah menyimpan keuangan pribadi untuk jaga-jaga terjadi resiko yang terjadi pada orang tersebut. Maka ketika Anda tertarik untuk hal ini, sebaiknya mintalah penjelasan secara rinci layanan dari produk asuransi tersebut. Pahami isi penawaran kerjasama dan bentuk perlindungan secara detail sehingga Anda mampu memutuskan dengan tepat untuk mengasuransikan jiwa. Setelah itu, teliti apakah Anda akan mendapat pelayanan baik sesuai keinginan Anda berdasarkan informasi layanan dari perusahaan tersebut. Pilih agen yang berlisensi, karena untuk menjadi agen asuransi jiwa mempunyai tahapan seleksi dan tes tersendiri. Sehingga Anda merasa tepat dengan mendaftar melalui Agen tersebut.

Demikian tips dari kami tentang cara memilih asuransi jiwa yang baik, sekarang kembali kepribadian masing-masing apakah sudah merasa tiba waktunya untuk menjamin jiwa Anda dengan cara asuransi. Jika masih belum yakin dengan metode asuransi ini, sekarang juga sudah ada beberapa jenis asuransi syariah bagi Anda yang mungkin menginginkan secara Islami dan menjadi alternatif yang baik untuk Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar